Simpatisan ISIS Berniat Jihad di ‎Aksi 22 Mei

Simpatisan ISIS Berniat Jihad di ‎Aksi 22 Mei
Petugas Brimob yang kelelahan menghalau massa yang tidak terkendali usai aksi unjuk rasa di depan gedung Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Rabu 22 Mei 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao )
Robertus Wardi / WBP Kamis, 23 Mei 2019 | 18:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol M Iqbal mengemukakan ada simpatisan ISIS yang menunggangi aksi unjuk rasa tanggal 21-21 Mei 2019 kemarin. Kelompok ini berasal dari luar Jakarta yang terafiliasi dalam kelompok Gerakan Reformasi Islam (Garis).

"Kami menemukan dua tersangka dari luar Jakarta yang terafiliasi dengan kelompok Garis. Dari keterangan dua tersangka tersebut, mereka memang berniat untuk berjihad pada aksi unjuk rasa (unras) tanggal 21 dan 22. Kami menemukan bukti-bukti yang sangat kuat," kata Iqbal saat konferensi pers di Kemko Polhukam, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

M Iqbal menjelaskan kelompok Garis ini pernah menyatakan sebagai pendukung ISIS Indonesia. Mereka sudah mengirimkan kadernya ke Suriah. "Hal ini penting saya sampaikan kepada publik bahwa fix ada kelompok-kelompok penunggang kegiatan unjuk rasa itu," tegas M Iqbal.

Menurutnya, saat ini Polri masih terus melakukan pengembangan atas pengakuan dua tersangka tersebut di antaranya, mengejar 1-2 tokoh yang terkait dengan kelompok tersebut sebagaimana diakui para tersangka.



Sumber: Suara Pembaruan