Wiranto Puji Prabowo, tetapi ...

Wiranto Puji Prabowo, tetapi ...
Wiranto. ( Foto: Antara )
Robertus Wardi / HA Jumat, 24 Mei 2019 | 18:36 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator (Menko) bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto memuji sikap Calon Presiden Prabowo Subianto yang telah menyerukan pendukungnya untuk menghentikan segala tindakan kekerasan.

Namun, Wiranto juga mengingatkan bahwa kalau kerusuhan kembali meletus seperti dalam aksi unjuk rasa 21-22 Mei lalu, maka Prabowo juga yang harus bertanggung jawab.

"Kalau itu dilaksanakan, saya hormat betul kepada beliau. Saya kira ini juga seiring dengan anjuran Pak Jokowi untuk membangun kerukunan, membangun kebersamaan dalam kehidupan berbangsa," kata Wiranto di Jakarta, Jumat (24/5).

Dia mengomentari video pidato Prabowo yang diunggah di akun Twitter yang bersangkutan, di mana dia menyerukan pendukungnya untuk menghentikan unjuk rasa.

Baca juga: Prabowo Serukan Aksi Unjuk Rasa Dihentikan

Wiranto juga mengemukakan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah memberikan apresiasi kepada Prabowo. Apresiasi itu karena Prabowo mengambil langkah secara hukum dalam menyelesaikan sengketa Pemilu yaitu dengan memasukkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Nantinya pak Prabowo bisa tercatat dalam (sejarah) demokrasi Indonesia," tutur Wiranto.

Dia mengingatkan jika masih ada tindakan kerusuhan atau aksi brutal di waktu mendatang, Probowo harus bertanggung jawab. Pasalnya, Prabowo gagal mencegah pendukungnya melakukan aksi damai.

"Kita lihat nanti kalau seandainya masih ada niatan dari para pendukungnya dan pengikutnya untuk melakukan aksi-aksi yang anarkis seperti yang terjadi kemarin itu, yang paling bertanggung jawab untuk menghentikan itu, hanya sang pemimpin, Pak Prabowo sendiri. Tentu kita mengharapkan bahwa para pengikut beliau, pendukung beliau, ya mematuhi apa yang diinstruksikan Pak Prabowo," tegas Wiranto.

Baca juga: Ini Kronologi Polisi Sita Ambulans Berlogo Gerindra Berisi Batu

Dia mengimbau seluruh masyarakat, khususnya pendukung Prabowo, agar bisa membangun suasana yang damai dan tenang, apalagi di bulan suci Ramadan seperti sekarang.

"Para pemeluk agama Islam yang sekarang melaksanakan ibadah puas dapat melaksanakannya dengan baik. Kita doakan yang terbaik untuk bangsa ini," tutup Wiranto.

Baca juga: Ini Alasan Jokowi Ingin Bertemu Prabowo



Sumber: Suara Pembaruan