Komisioner KPU: Tanggapi Hasil Pemilu dengan Semangat Pancasila

Komisioner KPU: Tanggapi Hasil Pemilu dengan Semangat Pancasila
Komisioner KPU Viryan Aziz ( Foto: Beritasatu TV )
Yustinus Paat / FER Sabtu, 1 Juni 2019 | 15:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Viryan Aziz, mengharapkan semua pihak menanggapi hasil dan tahapan pemilu 2019 dalam semangat dan nilai-nilai Pancasila. Pemilu tidak hanya sekedar perwujudan sila keempat Pancasila, tetapi nilai-nilai Pancasila terkandung dalam pemilu.

"Kita sudah menyelenggarakan pemilu 2019 dengan demokratis dan itu salah satu perwujudan secara nyata dari sila keempat. Namun, sila keempat ini bukan semata tunggal. Pelaksanaan pemilu itu kan tetap dalam kerangka lima sila dari Pancasila dan memang yang menonjol sila keempat," ujar Viryan saat memberikan tanggapan soal refleksi Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2019).

Viryan berharap, kedewasaan dari semua pihak dalam berdemokrasi termasuk menanggapi hasil pemilu. Nilai-nilai Pancasila, seperti hikmat kebijaksaan, menghargai perbedaan, ketuhanan, mengutamakan persatuaan dan keadilan, kata Viryan, harus dikedapankan dalam menjalankan tahapan pemilu.

"Dengan semangat Pancasila, mari kita saling merekatkan hal-hal yang selama ini menjadi perbedaan, kita bersatu lagi sebagai sebuah bangsa yang berlandaskan Pancasila dan kita jalani tahapan kehidupan berbangsa berikutnya dalam koridor nilai-nilai Pancasila," tandas Viryan.

Viryan juga mengimbau semua pihak khususnya para elite politik agar meneladani Tim 9 yang berhasil merumuskan Pancasila sebagai konsensus bersama bangsa Indonesia. Menurut dia, dalam merumuskan nilai-nilai Pancasila, Tim 9 ini terlibat dalam perdebatan serius dan bahkan ada perbedaan di antara mereka.

"Tim 9 yang merumuskan Pancasila itu berhasil mencapai konsensus nasional untuk menuangkan dalam 5 sila yang menjadi dasar negara kita. Itu kan penuh dengan perdebatan dan juga ada perbedaan, namun bisa diakhiri dalam kerangka kebangsaan Indonesia, persatuan," tutur Viryan.

Karena itu, Viryan meminta para elite bisa menerima hasil pemilu dalam semangat Pancasila. Siapapun yang menang harus dihormati dan jika keberatan maka gunakan saluran-saluran konstitusional.

"Artinya, dalam demokrasi, siapapun yang terpilih itu dihormati, namun silakan kritik dalam kerangka konstruktif untuk membangun bangsa tetap diperlukan karena tidak ada yang sempurna," pungkas Viryan.



Sumber: BeritaSatu.com