Marzuki Alie Tak Setuju dengan Gerakan Moral Penyelamatan Partai Demokrat

Marzuki Alie Tak Setuju dengan Gerakan Moral Penyelamatan Partai Demokrat
Marzuki Alie. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / MPA Jumat, 14 Juni 2019 | 18:46 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat (PD) Marzuki Alie angkat bicara mengenai Gerakan Moral Penyelamatan PD (GMPPD). Menurut Marzuki, gerakan yang dilakukan sejumlah elite PD tersebut tidak diperlukan.

“Saya itu, walau saya tetap anggota, saya ngamatin. Tetapi saya juga enggak suka yang seperti ini. Harusnya, biarkan saja bergulir. Nanti kan ada saatnya kan kongres. Situasinya kan sedang hiruk pikuk begini,” kata Marzuki kepada Beritasatu.com, Jumat (14/6/2019).

Marzuki menyatakan, para kader PD semestinya tidak beradu opini di publik menyangkut persoalan partai. Figur-figur seperti Ferdinand Hutahaean dan Rachlan Nashidik dinilai perlu berkomunikasi dengan senior-senior PD.

“Harusnya diantara kader saling tabayun (klarifikasi). Terus terang rombongan Ferdinand, Rachland, mereka itu kan orang-orang baru, ya sowan (bertemu) lah. Jangan beragumen di media. Hormati juga orang yang lebih senior,” ujar Marzuki.

Sebaliknya, menurut Marzuki, senior-senior PD juga tak harus jumawa. “Nah yang senior juga jangan mentang-mentang. Partai ini kan bergulir terus. Kalau yang senior saja duduk di sana (pengurus), ya partai enggak besar juga,” imbuh mantan Ketua DPR ini.

Marzuki pun menyebut, “Bicara baik-baik. Duduk sama-sama. Sampaikan hai partai kita ini partai yang cerdas, partai yang santun, partai yang bersih. Jangan dong bicara begitu. Enggak perlu harus dibuka ke publik.”



Sumber: Suara Pembaruan