Dihadiri Jokowi, PDIP Akan Gelar Rakernas Tertutup

Dihadiri Jokowi, PDIP Akan Gelar Rakernas Tertutup
Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ( Foto: istimewa )
Markus Junianto Sihaloho / WBP Rabu, 19 Juni 2019 | 09:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com  - PDI Perjuangan (PDIP) akan menggelar rapat kerja nasional (eakernas) di kantor pusat Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun acara itu digelar tertutup dari publik serta peliputan media massa.

Menurut Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, pihaknya menyadari bahwa politik memerlukan ruang kontemplasi (merenung) agar mengalirkan gagasan jernih yang didedikasikan bagi rakyat, bangsa, dan negara Indonesia. “Mohon maaf kepada teman-teman pers, mengingat Rakernas IV lebih banyak membahas agenda internal partai, maka rakernas bersifat tertutup," kata Hasto Kristiyanto, Rabu (19/6/2019).

Keheningan yang diinginkan itu sama halnya ketika Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, dalam Rakernas III di Bali, mengambil keputusan mencalonkan kembali Jokowi sebagai capres di 2019. "Partai menyadari bahwa keheningan dalam politik penting dalam kontemplasi politik. Terlebih ketika PDI Perjuangan memerlukan suasana khusus, memerlukan kejernihan alam pikir guna merumuskan agenda strategis internal Partai ke depan," ulas Hasto Kristiyanto.

Rakernas IV itu akan merumuskan seluruh tanggung jawab partai di dalam mewujudkan harapan rakyat yang telah memercayakan PDI Perjuangan dan Jokowi-KH Ma’ruf Amin pada Pemilu serentak 2019.

Lebih jauh, Hasto menyatakan Megawati Soekarnoputri mengajarkan untuk lebih memilih membangun organisasi partai dibanding popularitas orang per orang. Artinya, partai terus mengedelankan budaya kolektif, berjuang untuk kepentingan bersama.

Dalam konteks itu, partai menjalankan tugas strategis, khususnya dalam perekrutan, pendidikan politik, dan kaderisasi kepemimpinan. Namun PDIP juga terus belajar agar semakin mampu mengelola jalannya pemerintahan negara. "Sebab kekuasaan politik itu berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat," imbuh Hasto Kristiyanto.

Selain itu, rakernas IV secara khusus sebagai sarana untuk memersiapkan konsolidasi partai dalam rangka Kongres V. "Kongres akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2019 di Bali," ujar Hasto Kristiyanto.

Di rakernas, selain dihadiri unsur pimpinan pusat partai, akan hadir ketua, sekretaris, bendahara dari pengurus DPD PDIP di 34 provinsi.



Sumber: BeritaSatu.com