Hasto: Arus Bawah Inginkan Megawati Kembali Pimpin PDIP

Hasto: Arus Bawah Inginkan Megawati Kembali Pimpin PDIP
Megawati Soekarnoputri ( Foto: ANTARA FOTO / Puspa Perwitasari )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Rabu, 19 Juni 2019 | 21:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyatakan ada aspirasi dari seluruh pengurus daerah partainya yang ingin Megawati Soekarnoputri kembali menjabat ketua umum di periode kepemimpinan berikutnya.

Kata Hasto, soal posisi ketua umum itu akan dibahas di dalam kongres partai pada Agustus mendatang. "Tetapi ada juga aspirasi dari seluruh ketua DPD PDI Perjuangan yang mohon kesediaan ibu ketua umum untuk berkenan memimpin kembali PDI Perjuangan. Itu suara arus bawah," kata Hasto kepada wartawan usai rakernas IV yang digelar tertutup, di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Kata Hasto, para pengurus daerah yang ikut sebagai peserta dalam rakernas ini memang berperan sebagai utusan yang membawa mandat dari arus Bawah. Semua meyakini obyektivitas kepemimpinan Megawati yang sangat kokoh menjaga ideologi Pancasila. Dalam konteks itu pula, Hasto menegaskan bahwa kepemimpinan di PDI Perjuangan haruslah setia pada jalan ideologi.

"Kami pertahankan core values dari PDI Perjuangan yaitu gotong royong dan musyawarah mufakat," katanya.

Kalaupun ada yang berubah, lanjut Hasto, adalah menyangkut aplikasi teknologi maupun pendekatan kepada masyarakat. Namun core values PDIP tidak akan pernah berubah.

Hal itu disampaikan Hasto karena dirinya terus dicecar wartawan soal wacana adanya ketua harian atau wakil ketua umum partai di periode berikutnya. Hasto menegaskan, masalah struktur dan pejabat akan dibahas di dalam kongres.

"Kepemimpinan dalam kesadaran PDI Perjuangan itu adalah tidak semata-mata kepemimpinan yang mendapat legitimasi kuat dari arus bawah, memiliki pengalaman panjang, kokoh dalam ideologi, tetapi juga isyarat langit itu juga penting. Jadi kita tunggu dari Bu Megawati Soekarnoputri nanti," ungkap Hasto.



Sumber: BeritaSatu.com