KPU Persilakan Masyarakat Saksikan Pembacaan Putusan MK pada 27 Juni

KPU Persilakan Masyarakat Saksikan Pembacaan Putusan MK pada 27 Juni
Peserta aksi kawal sidang sengketa Pilpres 2019 melakukan unjuk rasa di kawasan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat, 14 Juni 2019. Unjuk rasa tersebut digelar untuk mengawal sidang perdana gugatan sengketa pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). ( Foto: ANTARA FOTO / Muhammad Adimaja )
Yustinus Paat / JEM Selasa, 25 Juni 2019 | 15:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempersilakan masyarakat menyaksikan sidang pleno pembacaan putusan perkara perselisihan hasil pemilu (PHPU) Pilpres 2019, Kamis (27/6/2019) mendatang. Sidang pleno ini akan disiarkan secara langsung oleh sejumlah televisi nasional.

"Iya silakan masyarakat menonton. Sebab pembacaan putusan itu penting sekali. Yang ingin nonton bareng ya silakan. Tetapi nobar (nonton bareng) yang sesuai dalam konteks hukum ya," ujar Komisioner KPU Viryan di Jakarta, Selasa (24/6/2019).

Dalam sidang pleno pembacana putusan, kata Viryan, MK akan membacakan putusan secara keseluruhan, mulai dari dalil-dalil permohonan pemohon (Prabowo-Sandi), jawaban termohon (KPU), keterangan pihak terkait (Jokowi-Ma'ruf) dan Bawaslu. Termasuk, kata dia, alat bukti yang disampaikan para pihak.

"Nanti, semuanya akan dibacakan secara detail, dalil-dalil permohonan, jawaban termohon, keterangan pihak terkait dan Bawaslu," tandas Viryan.

Viryan juga mengimbau kepada masyarakat untuk menyaksikan kembali rekaman video proses persidangan yang telah digelar sejak 14 Juni-21 Juni lalu. Menurut dia, hal tersebut penting untuk mengklarifikasi berbagai informasi yang masih samar-samar soal sidang MK.

"Apabila ingin mengetahui hal yang sebenarnya, dari informasi ternyata si A begini, si B begini, nah itu kan bisa dicek pakai rekaman sidang itu. Agar tidak penuh dengan prasangka," ungkap dia.

Selain itu, kata Viryan, MK sudah meng-upload permohonan pemohon, jawaban termohon, pihak terkait dan Bawaslu ke laman MK.

"Kemudian semua permohonan, jawaban, dan jawaban Bawaslu kan sudah ada di laman MK. Bagi masyarakat yang sungguh-sungguh, terlebih yang militan, untuk bisa mengetahui soal duduk masalah sebenarnya ya silakan untuk unduh, lihat dokumen itu, serta, nonton lagi sidang MK," pungkas dia.

 



Sumber: Suara Pembaruan