Setelah Mahasiswa Papua, Giliran Tokoh Adat Papua Barat Dukung Mervin Komber Jadi Calon Menteri

Setelah Mahasiswa Papua, Giliran Tokoh Adat Papua Barat Dukung Mervin Komber Jadi Calon Menteri
Dari kiri ke kanan: Gubernur Papua Lukas Enembe, Ketua Badan Kehormatan DPD RI Mervin Sadipun Komber, dan Rektor Uncen Apollo Safanpo. (Foto: Ist)
Yustinus Paat / WM Jumat, 5 Juli 2019 | 19:06 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Setelah Perwakilan Mahasiswa Papua di Jakarta, giliran para tokoh adat di Papua Barat menyatakan dukungan kepada Ketua Badan Kehormatan DPD Mervin Sadipun Komber untuk diangkat menjadi menteri pada pemerintahan Jokowi - Kiai Ma’ruf Amin periode 2019-2024.

Dukungan tersebut disampaikan John Warijo, Tokoh Adat wilayah Doberaay, Papua Barat. Menurut John Warijo, menteri adalah orang-orang yang sudah teruji yakni memimpin lembaga di tingkat pusat. Oleh karena itu, John beralasan Mervin Komber layak menjadi menteri karena saat ini memimpin Badan Kehormatan DPD.

“Khusus kali ini kami berharap Pak Jokowi mempertimbangkan aspek keseimbangan dengan mengangkat calon menteri dari wilayah Papua Barat. Karena tiga menteri sebelumnya berasal dari Provinsi Papua,” kata John, Jumat (5/7/2019).

Dukungan yang sama kepada Ketua BK DPD ini disampaikan oleh para kepala suku wilayah adat Bomberaay. Di antaranya Martinus Naguasai, kepala suku Mairasi, Kaimana, Papua Barat, mengusulkan kepada Presiden Jokowi untuk memilih Mervin Komber sebagai tokoh muda asal Papua Barat sebagai menteri.

“Saya merasa bangga bahwa anak muda Papua berani tampil menjadi tokoh nasional. Oleh karena itu, kali ini seharusnya tokoh muda asal papua Barat, Saudara Mervin Komber diangkat menjadi menteri,” tambah Romelus Surbay, Kepala Suku Oburau, Kaimana.

Sebelumnya, Mahasiswa Papua dan Relawan Jokowi di Papua Barat juga sudah memberikan dukungan yang sama kepada Ketua BK DPD  Mervin Komber untuk diangkat menjadi menteri.



Sumber: BeritaSatu.com