Hari Ini KPU Hadapi 59 Perkara PHPU Pileg di MK

Hari Ini KPU Hadapi 59 Perkara PHPU Pileg di MK
Ilustrasi KPU ( Foto: Beritasatu.com )
Yustinus Paat / WBP Jumat, 12 Juli 2019 | 09:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghadapi 59 perkara sengketa perselisihan hasil pemilu umum (PHPU) legislatif 2019 dalam sidang pendahuluan di Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari ini, Jumat (12/7/2019). 59 perkara PHPU pileg ini tersebar di sembilan provinsi.

"PHPU pileg diajukan 53 partai, empat perorangan, dan 1 DPD, sehingga total menghadapi 59 perkara dalam sidang pemeriksaan pendahuluan hari keempat," kata Komisioner KPU Hasyim Asy'ari dalam keterangannya, Jumat (12/7/2019).

Hasyim Asy'ari mengatakan sejumlah perkara ini akan disidangkan dalam tiga panel hakim MK. Panel I terdiri dari hakim Anwar Usman, Enny Nurbaningsih, dan Arief Hidayat akan memeriksa 17 perkara dari tiga provinsi, yakni Jambi, Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan Riau. "Dari Jambi ada tujuh pemohon partai. Dari Kepulauan Babel ada empat pemohon partai, dan dari Riau ada enam pemohon partai. Total perkara yang diperiksa Panel I sebanyak 17 perkara," ungkap dia.

Panel II yang terdiri hakim Aswanto, Saldi Isra, dan Manahan Sitompul akan memeriksa 23 perkara dari empat provinsi, yakni Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Bengkulu dan Riau. Perkara PHPU Pileg Sumsel diajukan 12 pemohon partai, dari Kalteng diajukan oleh enam pemohon meliputi empat partai dan dua perorangan, dari Bengkulu diajukan empat pemohon meliputi tiga partai dan satu perorangan dan dari Riau diajukan satu pemohon partai.

Sementara panel III yang diisi hakim I Dewa Gede Palguna, Suhartoyo, dan Wahiduddin Adam akan memeriksa 19 perkara dari Provinsi Kalimantan Barat, NTB dan Kalimantan Selatan. "Panel tiga akan menangani 19 perkara dari tiga provinsi. Perkara dari Provinsi Kalbar ada tujuh pemohon partai, dari NTB ada sembilan pemohon meliputi tujuh pemohon partai, satu perorangan, dan satu DPD serta dari Kalsel ada tiga pemohon partai," pungkas Hasyim.

Diketahui, hari ini merupakan hari keempat MK menggelarkan sidang pendahuluan PHPU Pileg 2019. Tiga hari sebelumnya MK sudah memeriksa 192 perkara dari 23 provinsi. Setelah sidang pendahuluan, MK akan menggelarkan sidang pemeriksaan pada 15 Juli hingga 30 Juli 2019. Pengucapan putusan akan dilakukan pada 6 Agustus sampai 9 Agustus 2019.

MK telah meregistrasi 260 sengketa PHPU Pileg yang terdiri dari 250 perkara PHPU DPR RI/DPRD dan 10 perkara PHPU DPD RI. Dari 250 perkara PHPU Pileg DPR RI/DPRD, terdapat 249 perkata yang diajukan oleh partai politik dan satu perkara diajukan masyarakat adat Papua.



Sumber: BeritaSatu.com