Isyaratkan Memilih Oposisi, Prabowo: Yang Penting Negara Kuat

Isyaratkan Memilih Oposisi, Prabowo: Yang Penting Negara Kuat
Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di dalam gerbong kereta MRT di Jakarta, Sabtu (13/7/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao )
Fana Suparman / WBP Sabtu, 13 Juli 2019 | 12:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto memperkuat isyaratnya untuk tidak bergabung dalam koalisi pemerintahan Jokowi-Maruf nantinya. Prabowo menyebut kesiapan pihaknya untuk menjadi penyeimbang pemerintah. Hal itu disampaikan Prabowo usai santap siang bersama Presiden terpilih Jokowi di gerai Sate Khas Senayan mal FX Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

"Oposisi juga siap, check and balance siap," kata Prabowo Subianto sambil berjalan keluar mal FX Senayan.

Prabowo yang mengenakan safari putih terlihat ditemani atau diantar Kepala BIN, Budi Gunawan hingga pelayaran mal Senayan dan masuk mobil Toyota Alphard berwarna putih. Prabowo menyatakan apapun sikapnya dan Partai Gerindra nantinya, yang terpenting baginya Indonesia menjadi negara kuat dan bersatu. "Yang penting kita negara kita kuat. Kita bersatu," kata Prabowo Subianto.

Isyarat tidak bergabung dengan pemerintah sebelumnya disampaikan Prabowo saat menyampaikan keterangan pers bersama Jokowi di Stasiun MRT Senayan atau sebelum kedua tokoh utama dalam Pilpres 2019 itu santap siang di Sate Khas Senayan, FX Senayan. Prabowo mengatakan, kesiapan pihaknya membantu Jokowi dan pemerintahan yang dibentuk nantinya. Namun, kata Prabowo, pihaknya tak segan untuk mengkritik pemerintah. "Kami juga sekali-kali siap mengkritik juga. Demokrasi butuh check and balance," kata Prabowo Subianto.

Prabowo dan Jokowi bersantap siang di gerai Sate Khas Senayan. Selama sekitar 30 nenit, kedua tokoh utama Pilpres 2019 itu menyantap sejumlah hidangan yang disajikan, seperti sate, sayur asem, ubi dan jagung rebus serta kelapa muda dan nanas.

Sekitar pukul 11.20 WIB, Prabowo terlihat keluar dari gerai dan berjalan melangkah keluar mal FX Senayan. Prabowo tampak ditemani atau diantar Kepala BIN Budi Gunawan hingga pelataran mal FX Senayan dan masuk mobil Toyota Alphard berwarna putih yang membawanya meninggalkan area mal.



Sumber: Suara Pembaruan