Pertemuan Jokowi dan Prabowo

PBNU: Polarisasi di Tingkat Elite dan Akar Rumput Berakhir

PBNU: Polarisasi di Tingkat Elite dan Akar Rumput Berakhir
Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di dalam gerbong kereta MRT di Jakarta, Sabtu (13/7/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao )
/ FMB Sabtu, 13 Juli 2019 | 19:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU Robikin Emhas mengapresiasi pertemuan Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Robikin berharap pertemuan tersebut bisa mengakhiri polarisasi atau perkubuan di tingkat elite dan akar rumput akibat kontestasi Pilpres 2019.

"Saya berharap polarisasi atau perkubuhan dan segregasi atau perpecahan, baik di tingkat elite maupun di akar rumput akibat pelaksanaan kontestasi Pilpres 2019 betul-betul berakhir," ujar Robikin di Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

Pertemuan antara Jokowi dan Prabowo, kata dia, mengonfirmasikan sikap kenegarawanan kedua tokoh tersebut. Pertemuan kedua tokoh ini harus diikuti oleh pendukungnya agar segera bersatu untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

"Sebagai simbol kekuatan politik yang bersaing ketat dalam pilpres, bertemunya kedua tokoh tersebut juga merupakan harapan bagi semakin terkonsolidasinya demokrasi di Indonesia," ungkap dia.

Robikin mengatakan masyarakat Indonesia harus bersyukur karena proses demokrasi melalui Pilpres di negara berpenduduk muslim terbesar di dunia berlangsung secara baik dengan tingkat partisipasi pemilih 81 persen. Selain itu, kata dia, sengketa hasil pilpres di MK yang berlangsung damai dan akhirnya disusul bertemunya kedua tokoh sentral tersebut.

"Pak Jokowi merangkul dan Pak Prabowo sportif menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Pak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin. Semua kembali bersatu dan bahu membahu untuk Indonesia yang lebih baik," pungkas Robikin.