Pengamat: Visi Indonesia Ala Jokowi Fokus pada Indonesia yang Kompetitif

Pengamat: Visi Indonesia Ala Jokowi Fokus pada Indonesia yang Kompetitif
Presiden Joko Widodo memberikan pidato pada Visi Indonesia di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, 14 Juli 2019. ( Foto: ANTARA )
Yustinus Paat / AMA Senin, 15 Juli 2019 | 11:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pengamat Politik dari Universitas Padjajaran Muradi menilai, fokus Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada periode kedua adalah membangun Indonesia yang kompetitif. Menurut dia, pembangunan bangsa Indonesia yang kompetitif ditopang oleh 5 program prioritas Jokowi.

"Visi Indonesia menegaskan Indonesia menjadi bangsa yang kompetitif dengan lima prioritas program yang menjadi penopangnya," ujar Muradi di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Lima prioritas program tersebut adalah pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM, pengelolaan APBN yang baik, investasi dan tata kelola birokrasi yang baik. Yang utama dari 5 program tersebut adalah pengembangan SDM.

"Kita berharap tahun 2024, Indonesia diposisikan berada dalam posisi negara bangsa yang sudah selesai dan dapat fokus untuk berkompetisi dengan bangsa-bangsa lain," tandas dia.

Lebih lanjut, Muradi mengatakan untuk membangun dan mewujudkan visi tersebut harus dilakukan bersama-sama. Namun, kata dia, dalam pengelolaan negara, perlu juga adanya penyeimbang dan kontrol agar dapat tetap efektif.

"Artinya akan baik jika Gerindra dan PKS tetap berada di luar pemerintahan sebagai oposisi. Ini penting mengingat pemerintahan yang efektif tidak hanya sekedar berjalan pada track yang sudah benar, tapi juga harus diawasi oleh oposisi yang juga efektif," pungkas dia.



Sumber: BeritaSatu.com