Nasdem Ingin Komposisi Pimpinan MPR Dibahas Internal Koalisi

Nasdem Ingin Komposisi Pimpinan MPR Dibahas Internal Koalisi
Sidang tahunan MPR. ( Foto: Antara )
Markus Junianto Sihaloho / HA Selasa, 16 Juli 2019 | 21:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Nasdem mendorong agar koalisi partai politik (parpol) pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin segera berembug untuk menyepakati paket pimpinan DPR/MPR periode mendatang. Nasdem terkesan tak ingin ada kesepakatan formasi pimpinan MPR bersama unsur parpol pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Seperti disampaikan Ketua Fraksi Partai Nasdem Johnny G Plate, topik itu sedang dibahas di internal koalisi.

"Kami akan selesaikan itu dalam konsensus di internal KIK (Koalisi Indonesia Kerja, red)," kata Plate, Selasa (16/7/2019).

Secara implisit, Plate menunjukkan posisi partainya yang cenderung enggan bila kesepakatan paket pimpinan baru dibangun dengan parpol yang dulu mendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Kata dia, terlalu jauh bila saat ini dibuka peluang bergabungnya parpol di luar KIK ke dalam paket pimpinan MPR periode 2019-2024.

"Penyelesain ini jangan dibuat kacau, digabung-gabungkan semuanya. Akhirnya apa? Kabinet diributkan mau masuk sama-sama, DPR diributkan, MPR diributkan, apa guna itu pemilu? Mau jadi stand-up comedy ini pemilu? Kan jangan dong, kita jaga kualitas demokrasi," ujarnya.

Untuk diketahui, berbeda dengan pimpinan DPR yang disusun berdasarkan parpol pemenang pemilu, untuk pimpinan MPR RI dipilih berdasarkan sistem paket. Akan ada lima orang pimpinan MPR, di mana satu di antaranya wajib diambil dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.



Sumber: BeritaSatu.com