Nasdem Optimistis Pemerintahan Jokowi Mampu Jaga Stabilitas Politik

Nasdem Optimistis Pemerintahan Jokowi Mampu Jaga Stabilitas Politik
Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh ( Foto: BeritaSatu TV )
Yeremia Sukoyo / MPA Rabu, 17 Juli 2019 | 19:22 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com-Partai Nasdem optimistis di periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo, akan terjadi percepatan arah pembangunan yang lebih baik ketimbang periode yang pertama. Saat ini, sebagai salah satu negara yang menerapkan sistem presidensial, Presiden Joko Widodo akan lebih mudah mengeksekusi sebuah kebijakan karena memiliki kekuatan parlemen yang cukup kuat.

"Partai pengusung pemerintah bertambah. Artinya (dukungan) pemerintahan Jokowi berubah dari minoritas menjadi mayoritas," kata Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh saat mengisi kuliah umum Sekolah Legislatif di Akademi Bela Negara (ABN) Partai Nasdem, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (17/7/2019).

Pada 2014, cerita Surya Paloh, Pemerintahan Jokowi mengawali pemerintahannya dengan minim dukungan di parlemen. Berbagai tekanan datang bertubi-tubi, termasuk diberlakukannya Revisi Undang-Undang 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD (UU MD3).

Saat ini, kondisi sudah berubah dan Jokowi mendapat cukup banyak dukungan. Karena itu, di dalam menjalankan amanatnya sebagai Presiden terpilih, Pemerintahan Jokowi di periode yang kedua diharapkan dapat mencapai suatu akselerasi percepatan pembangunan sebagaimana mestinya.

"Seharusnya kita hari ini sudah berada pada tingkatan 5 sampai 6 kali lebih hebat dalam berbagai aspek. Banyak bocoran, inefisiensi yang harus diperbaiki dan inilah harapan kita," ucap Surya Paloh.

Di dalam masa jabatannya yang kedua, pemerintah juga harus terus menjaga stabilitas politik dan juga ekonomi. Semuanya bisa terwujud jika semua pihak dapat saling bekerjasama membantu Jokowi dalam menjalankan pemerintahannya.

"Presiden tidak sendiri, ada sumbangsih yang mencoba mengimplementasikan gerakan perubahan. Tetapi tetap dalam koridor azas kepatutan dan kepantasan, termasuk berani mengintropeksi diri," kata Surya.

Seperti diketahui, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem melaksanakan Sekolah Legislatif 2019 di Kampus Akademi Bela Negara (ABN), Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (16/7). Pelaksanaan Sekolah Legislatif 2019 itu sendiri dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain membuka Sekolah Umum, Presiden Jokowi juga sekaligus memberikan kuliah umum kepada 59 Anggota legislatif DPR RI terpilih dari Partai Nasdem. Kuliah Umum itu sendiri digelar secara tertutup bagi media.



Sumber: Suara Pembaruan