RI Serius Ambil Alih FIR dari Singapura

RI Serius Ambil Alih FIR dari Singapura
RI Serius Ambil Alih FIR dari Singapura ( Foto: Youtube.com/BeritaSatu / BSTV )
Ahmad Salman / YTB Rabu, 17 Juli 2019 | 23:51 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Indonesia serius dalam pembahasan ambil alih ruang kendali udara penerbangan atau flight information region (FIR) dari Singapura. Upaya ini dimulai sejak tahun lalu atas instruksi Presiden Joko Widodo.

Pernyataan ini disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019).

Retno menambahkan antara Indonesia dan Singapura sudah terjadi perbincangan mendalam terkait permasalahan wilayah informasi penerbangan.

Menurut Retno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi direncanakan bertemu dengan pihak dari Singapra untuk membicarakan proposal Indonesia terkait wilayah informasi penerbangan ini.

Sikap RI ini mengemuka dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan di Istana Kepresidenan Bogor.

Dalam pertemuan ini Presiden didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Retno Marsudi. Retno mengatakan leaders retreat tahun 2019 akan melihat hasil dari kesepakatan antara kedua negara yang dihasilkan dalam pertemuan tahun sebelumnya.

Selain itu Retno juga memberi contoh mengenai sejumlah proyek kerja sama antara RI dan Singapura seperti di Kendal Industrial Park dan Nongsa Digital Park yang saat ini sedang berjalan.

Kunjungan menlu Singapura ini juga menjadi pertanda kedua negara serius mempererat hubungan diplomatik.



Sumber: BeritaSatu TV