Di Depan Para Artis, Jokowi Janji Bekerja All Out di Periode Kedua

Di Depan Para Artis, Jokowi Janji Bekerja All Out di Periode Kedua
Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan wartawan saat pertemuan keluarga besar Presiden dengan awak media, di Istana Bogor, Sabtu (8/12/2018). ( Foto: SP/Joanito de Saojoao )
Carlos KY Paath / HA Kamis, 18 Juli 2019 | 02:08 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima sejumlah artis di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (Jabar). Jokowi berterima kasih kepada para artis yang mendukung dirinya dan Ma'ruf Amin pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Tak hanya itu, dalam pertemuan yang digelar tertutup itu, Jokowi berkomitmen untuk bekerja sekuat tenaga di periode kedua kepemimpinannya. Jokowi juga mengungkap adanya dana abadi untuk kebudayaan.

“Bapak (Jokowi) berjanji di periode keduanya ini akan semakin all out. Ada dana abadi untuk kebudayaan. Detilnya belum dan itu baru tahun depan. Bapak (Jokowi) berjanji memberikan support (dukungan) lebih daripada yang sudah-sudah,” ungkap Oppie Andaresta seusai pertemuan.

Oppie menambahkan, alokasi dana abadi dapat digunakan dalam rangka melestarikan musik tradisional. Sebab, lanjut Oppie, pemain musik tradisional saat ini sudah jarang ditemukan. Oppie menekankan pentingnya pendataan.

“Harus kita data dan harus difokus pemerintah. Karena itu (musik tradisional) justru kekayaannya Indonesia. Mudah-mudahan lewat dana abadi bisa mensupport (mendukung) musisi tradisi,” ungkap Oppie.

Sementara itu, musisi Yovie Widiyanto mengungkap, realisasi dana abadi kebudayaan bakal dimulai pada 2020. “Akan ada dana abadi yang memang oleh Bapak Presiden disisihkan. Memang belum terlalu detil sih sebenarnya. Sangat umum,” ucap Yovie.

Yovie menambahkan, perhatian terhadap anggaran kebudayaan dapat meningkatkan kreatifitas. Menurut Yovie, kalangan seniman sepatutnya mendukung penuh sekaligus mengapresiasi rencana pemerintah tersebut.



Sumber: Suara Pembaruan