KPU: Gugatan 14 Caleg Gerindra Salah Alamat

KPU: Gugatan 14 Caleg Gerindra Salah Alamat
Mulan Jameela dan Ahmad Dhani ( Foto: instagram )
Yustinus Paat / HA Kamis, 18 Juli 2019 | 02:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mengatakan yang berhak menetapkan caleg terpilih adalah KPU. Wahyu menyampaikan hal ini menanggapi gugatan 14 orang caleg) Partai Gerindra ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel).

"Yang berhak menetapkan pasangan presiden wakil presiden terpilih, calon anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, DPRD kabupaten terpilih itu ya KPU," ujar Wahyu kepada wartawan saat dijumpai di DKPP, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2019).

Menurut Wahyu, penetapan caleg terpilih adalah tugas pokok dan fungsi (tupoksi) KPU, bukan tupoksi partai politik. Karena itu, kata dia, parpol tidak bisa menetapkan caleg terpilih.

"Ya kalau ditetapkan KPU kan (artinya) bukan ditetapkan parpol, bukan pihak lain," tandas dia.

Wahyu juga menilai para penggugat salah alamat jika mereka menggugat Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Pasalnya, Prabowo bukanlah pihak yang menetapkan caleg terpilih.

"Apalagi sampai sekarang belum ada penetapan caleg terpilih sehingga tidak ada caleg terpilih," tutur dia.

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan, gugatan terkait hasil pemilu semestinya diajukan kepada Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, tidak menutup kemungkinan jika ada hal-hal lain yang tidak menyangkut perselisihan hasil pemilu bisa juga diajukan ke lembaga peradilan lain.

"Tentu saja lembaga penegak hukum lain juga punya kewenangan. Jika itu menyangkut hasil pemilu mestinya ke MK begitu," ungkap dia.

Meski demikian, kata Wahyu KPU tetap menuggu proses gugatan tersebut. Bahkan, KPU menyatakan siap jika nantinya dimintai keterangan oleh PN Jaksel.

"Tentu saja sebagai bentuk kepatuhan pada hukum, apabila diminta keterangan oleh lembaga penegak hukum pengadilan tentu KPU bersedia," pungkas dia.

Untuk dikethaui gugatan 14 orang caleg terregistrasi di PN Jakarta Selatan dengan nomor perkara 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL. Gugatan perdata itu diajukan ke PN Jakarta Selatan pada 26 Juni lalu. Sidang pertama gugatan tersebut digelar pada Rabu pekan lalu, 10 Juli 2019. Sidang kedua diagendakan pada Rabu.

Kepala Humas PN Jaksel, Achmad Guntur membenarkan gugatan tersebut. Guntur menjelaskan, gugatan dilayangkan pada Dewan Pembina Partai Gerindra dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra.

"Ya benar. Terkait partai politik penetapan anggota legislatif oleh DPP dan Dewan Pembina Partai Gerindra," ujar Guntur saat dikonfirmasi, Selasa (16/7).

Keempat belas nama caleg yang mengajukan gugatan tersebut antara lain:
1. Seppaiga
2. Nuraina
3. Pontjo Prayogo SP
4. R. Wulansari alias Mulan Jameela
5. Adnani Taufiq
6. Adam Muhammad
7. Prasetyo Hadi
8. Siti Jamaliah
9. Sugiono
10. Katherine A Oe
11. R. Saraswati D Djojohadikusumo
12. Li Claudia Chandra
13. Bernas Yuniarta
14. dr. Irene



Sumber: BeritaSatu.com