Parpol Diminta Umumkan Nama Calon Menteri ke Publik

Parpol Diminta Umumkan Nama Calon Menteri ke Publik
Ilustrasi kabinet kerja ( Foto: Investor Daily/David Gita Roza )
Yustinus Paat / YUD Kamis, 18 Juli 2019 | 20:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pengamat Politik Jeirry Sumampouw meminta partai politik untuk segera mengumumkan ke publik nama-nama kadernya yang dinilai layak menjadi menteri Jokowi-Ma'ruf Amin. Menurut Jeirry, parpol tidak boleh hanya sibuk menyebutkan jumlah menteri dari parpol tanpa menyebutkan nama-namanya.

"Jangan sampai parpol hanya kasat kusut sebut jumlah menteri dari parpolnya tetapi nama-namanya tidak muncul atau tampak ke publik. Jangan sampai sembunyikan nama-nama tersebut di balik selubung kepentingannya," ujar Jeirry di Kantor Formappi, Matraman, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Publik, perlu dilibatkan dalam proses pengisian kabinet Jokowi-Ma'ruf. Salah satu caranya adalah memberikan penilaian terhadap para calon menteri yang diusulkan oleh parpol.

"Dalam konteks itu, pentingnya parpol segera menyampaikan kader-kader terbaiknya yang dijagokan jadi menteri kepada publik. Nanti ada proses uji publik yang juga akan menjadi pertimbangan Jokowi dalam memilih para pembantunya," tandas dia.

Menurut Jeirry, waktunya masih cukup bagi parpol untuk mengumumkan nama-nama tersebut. Parpol, kata dia, tidak boleh malu-malu untuk mempromosikan kader terbaiknya menjadi pembantu Jokowi.

"Hal ini juga penting untuk memastikan para pembantu Jokowi adalah orang yang benar-benar berkualitas, berkapasitas dan berintegritas sehingga gerak Jokowi di periode kedua bisa laju mewujudkan program-programnya," ungkap dia.

Yang jelas, kata dia, terbuka bagi parpol untuk menyampaikan nama calon menteri sebanyak-banyaknya. Jika banyak kader yang berkualitas yang disodorkan, bukan tidak mungkin Jokowi akan mengakomodir semuanya.

"Bisa saja angkanya bisa naik dari yang diminta parpol jika nama-nama yang disodorkan berkualitas dan berkompeten," pungkas dia. (YUS)



Sumber: BeritaSatu.com