Realistis, Golkar Kirimkan 5 Nama Calon Menteri ke Jokowi

Realistis, Golkar Kirimkan 5 Nama Calon Menteri ke Jokowi
Jajaran pengurus Partai Golkar bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (1/7/2019). ( Foto: istimewa / istimewa )
Yustinus Paat / JAS Sabtu, 20 Juli 2019 | 18:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPP Partai Golkar, Andi Sinulingga, mengatakan partainya mengajukan lima nama calon menteri kepada Presiden Joko Widodo. Andi mengaku bahwa partainya realistis mengajukan lima nama terlebih dahulu karena yang berjuang untuk kemenangan Jokowi bukan orang partai saja.

"Kita ada lima nama (calon menteri). Nggak mungkin semuanya dari partai, makanya kita ajukan lima nama dulu," ujar Andi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Partai Golkar, kata Andi, baru akan mengajukan nama kembali apabila Pak Jokowi yang meminta. Golkar, kata Andi, menyerahkan sepenuhnya penunjukan nama menteri kepada Jokowi.

"Kita tidak menargetkan jumlah menteri dari Golkar. Kita serahkan sepenuhnya kepada Jokowi yang mempunyai hak prerogatif untuk itu," tandas dia.

Menurut Andi, kebutuhan Jokowi tidak seluruhnya bisa dipenuhi oleh orang-orang partai. Jokowi, kata dia, pasti membutuhkan orang-orang di luar partai yang memiliki fokus di suatu bidang untuk dijadikan sebagai menteri.

"Banyak (orang partai), tapi tidak cukup. Menyerahkan seluruhnya ke partai politik itu tak cukup. Apalagi, yang berjuang untuk Pak Jokowi kan bukan hanya orang partai saja, banyak yang berjuang," ungkap dia.

Terkait lima nama yang diajukan jadi Menteri, kata Andi menjadi rahasia partai. Namun, dari lima nama tersebut, yang pasti dua nama sudah pasti diajukan, yakni Airlangga Hartarto dan Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Orangnya rahasia partai. Pak Airlangga sudah pasti lah. Beliau kan ketua partai. Pak Agus Gumiwang juga kader terbaik partai," pungkas dia.



Sumber: BeritaSatu.com