Politisi PKB Dukung Wacana Presiden Jokowi Hapus Lembaga Tak Produktif

Politisi PKB Dukung Wacana Presiden Jokowi Hapus Lembaga Tak Produktif
Tim Kampanye Nasional, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding (kanan). ( Foto: BeritaSatu Photo / Markus Junianto Sihaloho )
Carlos KY Paath / FMB Senin, 22 Juli 2019 | 11:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mendukung wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghapus lembaga yang tak produktif dan bermanfaat. Apalagi jika penghapusan itu berdasarkan kajian dan evaluasi.

“Jadi kalau nanti memang ada lembaga dari hasil kajian dan evaluasi dinilai tak produktif maupun bermanfaat, bahkan cenderung merugikan, ya sebaiknya dihapus. Tekad Pak Jokowi sepatutnya didukung penuh,” kata Karding, Senin (22/7/2019).

Karding menyatakan, lembaga yang menyerap anggaran besar tetapi kurang berkontribusi, tentu menjadi beban negara. Dengan begitu, lanjut Karding, maka alokasi anggaran bakal dialihkan ke lembaga lain yang benar-benar membangun tradisi kerja positif serta profesional.

Karding menuturkan, pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin mendatang perlu menguatkan fungsi daripada struktur. “Strukturnya jangan terlalu besar ettapi fungsinya yang harus besar. Kuncinya ada pada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang punya kapasitas,” tegas Anggota DPR tersebut.

Untuk diketahui, Jokowi menegaskan, reformasi birokrasi menjadi salah satu perhatian dirinya pada periode kedua kepemimpinan. Menurut Jokowi, kecepatan melayani, memberikan izin menjadi kunci bagi reformasi birokrasi.

“Akan saya cek sendiri, saya kontrol sendiri, begitu saya lihat tidak efisien atau tidak efektif, saya pastikan akan saya pangkas dan saya copot pejabatnya. Kalau ada lembaga-lembaga yang tak bermanfaat dan bermasalah, sekali lagi kalau ada lembaga yang tak bermanfaat dan bermasalah saya pastikan saya bubarkan,” ungkap Jokowi.



Sumber: Suara Pembaruan