KPU Tidak Anggap Remeh Permohonan PHPU Legislatif 2019

KPU Tidak Anggap Remeh Permohonan PHPU Legislatif 2019
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arif Budiman (tiga kiri), didampingi lima Komisioner KPU (kiri ke kanan), Hasyim Asy’ari, Pramono Ubaid, Ilham Saputra, Wahyu Setiawan, dan Evi Novida Ginting Manik. ( Foto: Beritasatu Photo / SP/Joanito De Saojoao. )
Yustinus Paat / JAS Senin, 22 Juli 2019 | 13:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari, menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menganggap remeh permohonan perselisihan hasil penghitungan pemilu (PHPU) legislatif 2019 yang diajukan para pemohon ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Hasyim, KPU selalu menanggapi secara serius dan mempersiapkan secara matang menghadapi setiap permohonan PHPU legislatif yang diajukan.

“KPU tidak pernah memandang remeh semua permohonan. Jadi, kalau ada orang mengajukan permohonan bagi KPU dianggap serius,” ujar Hasyim di Gedung MK, Jakarta, Senin (22/7/2019).

KPU, kata Hasyim sudah memberikan jawaban dan tanggapan terhadap 260 perkara PHPU legislatif yang diajukan para pemohon baik DPR RI, DPRD maupun DPD. KPU, kata dia sudah mempersiapkan alat bukti-alat bukti untuk memperkuat jawaban dan tanggapan KPU di persidangan MK.

“Terkait saksi dan ahli, kita lihat perkembangannya. Karena akan ada panggilan resmi melalui surat dari MK dan kita harus mempersiapkan satu hari sebelum sidang,” ungkap dia.

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan KPU menyerahkan sepenuhnya kepada MK terkiat perkara yang dilanjutkan ataupun yang tidak dilanjutkan pada sidang pembuktian. Menurut dia, MK tentunya mempunyai penilaian obyektif atas perkara-perkara tersebut sesuai dengan permohonan dan fakta-fakta persidangan.

“Bahwa kemudian dalam permohonan itu dianggap banyak hal yang jadi alasan bagi mahkamah untuk tidak dilanjutkan dalam persidangan, itu kami serahkan sepenuhnya kepada mahkamah,” pungkas dia.

Diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar Sidang Pleno 260 perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Legislatif 2019 pada hari ini, Senin (22/7/2019) dengan agenda pembacaan putusan dismissal atau ketetapan di Ruang Sidang Pleno Lantai 2, Gedung MK, Jakarta. Sidang ini akan berlangsung selama 3 (tiga) sesi, yakni mulai pukul 09.00 WIB, pukul 10.30 WIB, dan pukul 13.00 WIB.



Sumber: BeritaSatu.com