Diplomasi Nasi Goreng Megawati yang Luluhkan Prabowo
Logo BeritaSatu

Diplomasi Nasi Goreng Megawati yang Luluhkan Prabowo

Rabu, 24 Juli 2019 | 16:06 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Rekonsiliasi dan perdamaian tak melulu harus terlebih dahulu melewati perdebatan-perdebatan panas atau negosiasi alot. Kadangkala, cukup dengan suguhan nasi dan bakwan goreng. Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sudah membuktikannya.

Megawati berdiplomasi dengan Prabowo Subianto yang berlawanan posisi di Pemilu 2019 lalu, disebutnya diplomasi politik nasi goreng. Hal itu terjadi saat keduanya bertemu di kediaman Megawati di Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019).

Sejak awal Prabowo datang, suasana yang terbangun memang sudah baik. Dan suasana itu terus terbangun selama pertemuan berlangsung. Ada kalanya Megawati dan Prabowo hanya bicara berdua sambil menikmati bakwan goreng yang dimasak khusus oleh Megawati untuk Prabowo. Sesekali keduanya tertawa dan berbisik-bisik.

Lalu makan siang dengan menu nasi goreng dan mie jawa. Makan siang semeja dengan putra dan putri Megawati Prananda Prabowo serta Puan Maharani, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kepala BIN Budi Gunawan, Seskab Pramono Anung, dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

Usai makan, Prabowo bahkan sempat bercanda tak bisa menyalami Megawati dengan lama dan tunduk karena perut yang kenyang akibat menu yang dihidangkan.

"Tadi Ibu Mega memenuhi janjinya, memasak nasi goreng untuk kami, luar biasa nasi gorengnya saya sampai nambah. Padahal beliau mengingatkan saya sudah terlalu gemuk," kata Prabowo.

Prabowo mengaku dirinya selalu merasa mendapat penghormatan serta perlakuan baik oleh Megawati dan keluarganya. Baginya hal itu karena baik dirinya dan Megawati adalah sama-sama patriot yang berkomitmen pada NKRI. Sehingga kalaupun ada perbedaan pilihan politik, baginya takkan bisa memutus tali persaudaraan yang ada.

"Kalau ada perbedaan itu biasa, di ujungnya kita-kita selalu ingin melanjutkan menyambung tali persaudaraan dan hubungan yang rukun hubungan yang baik. Sehingga kita bisa membantu mengatasi masalah-masalah kebangsaan," kata Prabowo.

Sementara Megawati mengaku dirinya memang sudah lama tak memasak makanan untuk Mas Bowo, panggilang Megawati untuk mantan cawapresnya di Pemilu 2009 itu. Apalagi perhelatan pemilu 2019 yang panjang, membuat Prabowo sampai pernah menagih janji makan bersama.

" Katanya nasi goreng yang saya buat itu enak sekali, katanya. Tapi ternyata telah dibuktikan beliau semua yang hadir bilang 'ya emang enak ya bu, sering-sering diundang untuk bisa makan nasi goreng'," kata Megawati sambil tersenyum.

Tapi bukan sekedar makanan. Bagi Megawati, kesempatan untuk memasak lalu menjamu makan nasi goreng itu adalah cara jitu untuk meluluhkan hati keras seorang Prabowo. Di tengah situasi politik yang masih belum sepenuhnya normal dan tenang pasca pilpres lalu, taktik itupun mendapatkan konteksnya.

"Untunglah kalau seorang perempuan pemimpin dan politisi, rupanya ada bagian yang sangat mudah meluluhkan hati laki-laki. Nah itu namanya politik nasi goreng yang ternyata ampuh," kata Megawati.

"Jadi saya bilang pada beliau. Mas, saya panggil beliau tuh mas dari dulu, sebenarnya kan kalau kita berbeda pendapat itu adalah sebuah ruang yang biasa, kenapa harus diteruskan? Mari kita rukun kembali," beber Megawati.

"Persahabatan kita mendapat ujung yaitu untuk kepentingan bangsa dan negara. Dan kita tentunya harus bisa melakukan dengan diskusi. Silahkan datang ke tempat saya kapanpun. Begitu juga kalau Mas Bowo ingin bertemu dengan presiden (Jokowi), kalau memang harus, saya diminta untuk bisa menyampaikan, saya sampaikan. Tapi kalau Mas Bowo sebaiknya menurut saya pasti ngomong sendiri saja dengan Pak Jokowi, pasti akan diterima beliau dengan baik," tambah Megawati.

Apapun, Megawati dan Prabowo sudah berhasil menunjukkan sebuah contoh kenegarawanan. Kompetisi politik menghadirkan tensi, namun begitu selesai rekonsiliasi harus terjadi. Walau itu dimediasi dengan 'politik nasi goreng'.

"Terimakasih nasi gorengnya bu. Dan kami juga menunggu Ibu jalan-jalan ke Hambalang," kata Prabowo.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Prabowo-Megawati Komitmen Jaga Keutuhan NKRI

Prabowo dan Megawati menegaskan komitmen dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

POLITIK | 24 Juli 2019

Bawaslu Minta KPU Tidak Buru-Buru Terapkan Rekapitulasi Elektronik

Bawaslu berharap KPU melakukan perencanaan yang matang sebelum menerapkan e-rekap.

POLITIK | 24 Juli 2019

Pertemuan Prabowo-Megawati untuk Merawat Keindonesiaan

Silahturahmi biasa sebagai dua tokoh bangsa untuk memperkuat kehidupan kebangsaan.

POLITIK | 24 Juli 2019

KPU akan Kaji 3 Aspek terkait Rekapitulasi Elektonik

KPU tetap ingin melaksanakan e-rekap pada Pilkada Serentak 2020.

POLITIK | 24 Juli 2019

Prabowo Disambut Megawati di Teuku Umar

Prabowo tiba dengan mengendarai sebuah mobil Toyota Alphard berwarna putih dengan ditemani, kader Gerindra Edhie Prabowo.

POLITIK | 24 Juli 2019

Bertemu Jokowi dan Megawati, PKS Tetap Harap Prabowo Jadi Oposisi

pertemuan antara para tokoh politik merupakan keniscayaan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

POLITIK | 24 Juli 2019

Jika Gabung Koalisi, Gerindra Masih Bisa Raih Keuntungan di Pemilu 2024

Partai Gerindra masih bisa mendapatkan keuntungan elektoral pada Pemilu 2024 meskipun Gerindra bergabung dengan koalisi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

POLITIK | 24 Juli 2019

PDIP Konsisten Bersama KIK Perjuangkan Paket Pimpinan MPR 2019-2024

PDI Perjuangan konsisten untuk tetap bersama parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK) saat mengajukan paket pimpinan MPR RI periode 2019-2024

POLITIK | 24 Juli 2019

Jokowi Dinilai Perlu Hati-hati Bangun Koalisi Gemuk

Koalisi gemuk hanya akan menyulitkan Jokowi dalam melakukan kordinasi.

POLITIK | 24 Juli 2019

Megawati Siapkan Menu Makanan Khusus untuk Prabowo

Megawati membuat sejumlah persiapan khusus untuk menyambut Prabowo dalam rangka kekeluargaan serta semangat persaudaraan.

POLITIK | 24 Juli 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS