DPP Nasdem: Pemberitaan Surya Paloh Dukung Anies di Pilpres Keluar Konteks

DPP Nasdem: Pemberitaan Surya Paloh Dukung Anies di Pilpres Keluar Konteks
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kedua kiri) saat santap siang bersama Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh (kedua kanan), di Kantor DPP Partai Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019). ( Foto: Istimewa )
Yeremia Sukoyo / JAS Kamis, 25 Juli 2019 | 08:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem, Surya Paloh disebut-sebut mendukung pencalonan Anies Baswedan untuk maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Ungkapan tersebut didapatkan sesaat setelah Surya Paloh mengundang Gubernur DKI tersebut untuk makan siang di Kantor DPP Partai Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019).

Ketua DPP Nasdem Bidang Komunikasi dan Informasi Publik, Willy Aditya, menegaskan, hasil wawancara antara awak media dengan Surya Paloh yang diikuti Anies Baswedan menghasilkan sejumlah pemberitaan yang di luar konteks wawancara.

Dikatakan Willy, dalam wawancara tersebut sesungguhnya Surya Paloh sedang menjelaskan dukungan kepada Anies yang sedang menjalani tugas sebagai Gubernur DKI. Bukan dukungan untuk Anies di Pilpres 2024.

"Itu (pemberitaan) tidak pada konteksnya. Pak Surya bilang itu konsentrasi DKI. Dukungannya itu Pilgub, bukan Pilpres," kata Willy Aditya, ketika dikonfirmasi, Kamis (25/7/2019) di Jakarta.

Usai Anies bertemu Surya Paloh, berbagai pemberitaan yang menyebutkan dukungan di Pilpres 2024 pun terus bermunculan. Banyak pihak yang menganggap pembicaraan untuk Pilpres 2024 masih terlalu dini diutarakan. Bahkan, presiden dan wakil presiden terpilih Pemilu 2019 pun belum dilantik.

Berikut transkrip hasil wawancara secara utuh antara Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh dan Gubernur DKI Anies Baswedan yang dikirimkan DPP Partai Nasdem :

Surya Paloh: Baik, kenapa rame-rame sekali di sini? Oke apa yang kalian mau tanya itulah intinya.

Nah, ini ada kesempatan baik. Kita dapat tamu khusus Nasdem hari ini. tapi khususnya barangkali dalam kapasitas saya sebagai pribadi ya tentu representasi tetap sebagai keluarga besar di Nasdem ini.

Kita kedatangan keluarga. Kita keluarga daripada keluarga besar dari Nasdem. Seorang Anies Baswedan ya rumahnya memang dari sini berangkatnya. Boleh kalian tanya.

Jadi ketika sudah bertugas cukup lama barangkali karena kesibukan yang belum memungkinkan kita saling berkunjung. Ini hari ada dipertemukan untuk satu kunjungan ya kunjungan seorang adik kepada kakak.

Jadi hal-hal lain tidak ada hal luar biasa. Ini silakan Bung Anies

Anies: Betul seperti diteruskan bang Surya kita diskusi santai cerita banyak tentang perkembangan Jakarta ya bang Surya.

Dan alhamdulillah bang Surya ini adalah seorang senior yang memiliki pengalaman yang luar biasa banyak. Jadi setiap kali ngobrol dengan beliau pasti banyak hikmah-hikmah yang beliau ceritakan dari pengalaman perjalanannya.

Jadi kita semua saya rasa silaturahmi-silaturahmi seperti ini itu sangat dibutuhkan. Saya merasakan banyak manfaat setiap kali ngobrol dengan bang Surya yang pengalamannya luar biasa.

Jadi terima kasih kesempatan silaturahmi dengan bang Surya dan terima kasih juga untuk semuanya.

Dan insyaallah ke depannya dalam tanggung jawab saya sekarang sedang bertanggung jawab untuk mengurus Jakarta nantinya bisa dituntaskan dengan sebaik-baiknya dan insyallah apa yang menjadi tanggung jawab bisa tuntas dengan baik jadi terima kasih atas waktu dan silaturahminya

Wartawan: Izin Pak, apa yang menjadi saran ke Pak Anies?

Surya Paloh: Abang sarankan Anies untuk bisa lebih mengoptimalkan potensi kemampuan yang dimilikinya. Dari apa yang abang pahami dia belum keluarkan itu semua, jadi kalau skornya 10 Anies baru keluarkan 5 jadi masih ada 5 lagi yang dimiliki Anies.

Jadi ini dalam perspektif apa yang kita pahami amat dibutuhkan oleh kita, dibutuhkan oleh warga Jakarta, dibutuhkan oleh bangsa.

Tugas abang (Surya Paloh) dengan niat baik itu berikan dukungan dorongan agar potensi diri yang belum dikeluarkan semuanya ini sudah saatnya ini ke depan.

Doa dan harapan ini mengiringi perjalanan dia agar bisa memberikan satu hal yang lebih berarti bagi kemaslahatan kita sebagai suatu bangsa, inilah dia itu aja saya pikir.

Wartawan : Nasdem mendukung pak anies?

Surya Paloh: Udah pastilah dukung Anies.

Wartawan: Secara politik?

Surya Paloh: Secara politik, lahiriah batiniah-lah dukungannya.

Wartawan: 2024?

Surya Paloh: 2024 ya Tergantung Anies lah.

Wartawan: Tapi Nasdem berniat mendukung?

Surya Paloh: Niatnya sudah pasti ada, semua niat-niat baik itu harus terjaga dengan baik.

Insyaallah apabila semuanya berjalan dan sesuai dengan harapan. Insyaallah apabila semuanya seperti apa yang kita harapkan.

Dukungan itu kan tidak bisa hanya datang daripada satu kelompok termasuk satu institusi partai politik seperti Nasdem. Kita mengharapkan dukungan para pihak untuk anak-anak bangsa ini yang memenuhi kapasitas dan kapabilitas memimpin negeri ini.

Wartawan: Nasdem lihat ada potensi?

Surya Paloh: Potensi ada tetapi ada proses antaran. Nah itu tugas bersama-sama.

Wartawan: Kalau Pak Anies?

Anies: Saya bilang lagi ngurus jakarta.

Surya Paloh: Jadi potensi ada, konsentrasi ngurus Jakarta.

Wartawan : Terkait pertemuan Prabowo (Subianto) dengan bu Mega (Megawati Soekarnoputri)?

Surya Paloh: Kita menghormati dan senang juga silaturahmi seperti bung Anies tadi bilang negeri ini butuh semuanya

Wartawan: Barengan?

Surya Paloh: Coba tanya bung Anies ya memang kebetulan ya.

Wartawan: Menunya tadi apa?

Anies: Soal makanan pilihan bang Surya selalu luar biasa.



Sumber: Suara Pembaruan