PDIP Takkan Bicara Capres 2024 di Kongres

PDIP Takkan Bicara Capres 2024 di Kongres
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira disambut dengan tarian ketika hendak memimpin konsolidasi organisasi PDI Perjuangan sedaratan Sumba, 11 Februari 2018. ( Foto: BeritaSatu Photo / Markus Junianto Sihaloho )
Markus Junianto Sihaloho / YUD Kamis, 1 Agustus 2019 | 15:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PDI Perjuangan tak memperlakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai sebuah 'masa lalu'. Kongres partai berlambang banteng pada 8-10 Agustus mendatang. PDIP takkan mendadak melupakan Jokowi dengan mencari sosok baru untuk dijadikan calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Hal itu mengemuka ketika wartawan bertanya kepada jajaran pimpinan PDI Perjuangan (PDIP) soal apakah partai itu akan menentukan soal pencapresan di Pemilu 2024

Kata Hasto, partai selalu punya cara dalam menghadapi isu pilpres di masa mendatang. Yang jelas, PDIP selalu punya tradisi dalam membaca suasana kebatinan rakyat. Artinya, menentukan seorang calon presiden, bukanlah proses sebentar dan mudah bagi partainya.

"Partai punya tradisi dalam melihat seluruh suasana dan campur tangan dari Yang Maha Kuasa, Allah SWT," kata Hasto, Kamis (1/8/2019).

Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira lalu mempertegas sikap politik partainya tersebut ketika pertanyaan yang sama ditanyakan oleh wartawan. Bahwa apakah ada kemungkinan PDIP memutuskan nama terkait Pilpres 2024.

Kata Andreas, bahwa PDIP siap bertarung pada Pemilu 2014 adalah keniscayaan. Karena semua partai pun harus siap dalam menghadapi kompetisi politik apapun. Namun soal calonnya, PDIP jelas tak membicarakannya saat ini.

"Masih terlalu jauh untuk dibicarakan sekarang ini," kata Andreas.

"Atau sekedar usulan nama-nama capres 2024?" tanya wartawan lagi.

"Belum ada itu. Masih terlalu jauh itu. Di politik itu, momentum penting," jawabnya.

Posisi PDI Perjuangan ini berbeda dengan parpol lainnya seperti Partai Nasdem. Partai yang dipimpin oleh Surya Paloh itu langsung mencari sosok capres yang akan diusungnya di masa depan. Salah satu nama yang berpotensi bagi Nasdem adalah Anies Baswedan, yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.



Sumber: BeritaSatu.com