Megawati Ketua Umum Parpol Paling Sukses Setelah Reformasi

Megawati Ketua Umum Parpol Paling Sukses Setelah Reformasi
Presiden RI Joko Widodo, bersama Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 Ma’ruf Amin serta Ketua umum Megawati Soekarnoputri, dan Ketua umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, menghadiri pembukaan Kongres ke V PDI Perjuangan di Sanur, Bali, Kamis 8 Agustus 2019. ( Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao )
Robertus Wardi / AMA Jumat, 9 Agustus 2019 | 11:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Peneliti dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Adjie Alfaraby menilai, Megawati Soekarnoputri adalah ketua umum partai politik paling sukses pascareformasi. Melalui kepemimpinannya, sudah tiga kali PDI-P menjadi juara pemilu legislatif dan dua kali berhasil menang pilpres.

"Keberhasilan itu tidak terlepas dari kepemimpinan Ibu Mega. Oleh karena itu, dipilihnya kembali Megawati sebagai ketua umum karena dua alasan; pertama, Megawati masih sangat dibutuhkan oleh kader PDI-P untuk memimpin kembali partai dan menjadi sumber perekat semua kelompok di PDIP. Kedua, mungkin Megawati sendiri meyakini bahwa belum saatnya beliau mandeg pandito. Masih butuh waktu untuk menyiapkan transisi kepemimpinan di PDI-P," kata Adjie Alfaraby di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Adjie Alfaraby mengemukakan‎, dengan dipilihnya kembali Megawati sebagai ketua umum, ada tiga tantangan ke depan. Pertama, menyiapkan regenerasi kepemimpinan partai ke depan. Kedua, mencari sosok atau kader partai yang potensial untuk menjadi calon utama dalam pilpres 2024.

Ketiga, menjadikan PDI-P tak hanya menang pemilu berikutnya, tetapi menjadi partai yang dominan dengan perolehan suara yang jauh lebih besar dari dua pemilu terakhir. Solusinya adalah memodernisasi kerja partai dan meluaskan pasar pemilih PDI-P.‎

 



Sumber: Suara Pembaruan