PKS Sepakat Peranan MPR Diperkuat

PKS Sepakat Peranan MPR Diperkuat
Sidang tahunan MPR. ( Foto: Antara )
Hotman Siregar / JAS Senin, 12 Agustus 2019 | 15:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI dari Fraksi PKS Iskan Qolba Lubis menyatakan, peranan MPR ke depan harus diperkuat. Hal itu terutama bagi anggota yang duduk di Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

"Karena selama ini kita lihat , DPD punya fasilitas yang luar biasa, dia punya segala yang harus dimiliki oleh seorang pejabat negara, tetapi tidak punya wewenang, tidak punya kekuasaan," ujar Iskan di kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Senin (12/8/2019).

Iskan bahkan mengibaratkan DPD seperti lembaga swadaya masyatakat yang dibiayai oleh negara. Hal itu menurutnya tak bagus dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.

Iskan mengaku setuju ke depan ini peranan DPD diperkuat. Karena kalau DPD dan DPR ini kuat maka ke depan peranan dua lembaga negara itu lebih bisa dioptimalkan.

"Yang akhirnya nanti pidato Presiden (pada 16 Agustus) bukan sekedar sifatnya semacam peringatan-peringatan seperti itu, tetapi harus punya nilai yang kuat, yang tidak wajib ditunggu oleh masyarakat,'" katanya.[H-14]



Sumber: Suara Pembaruan