Mardani Ali Sera Pertanyakan Urgensi Pemindahan Ibu Kota

Mardani Ali Sera Pertanyakan Urgensi Pemindahan Ibu Kota
Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera ( Foto: ANTARA )
Hotman Siregar / FMB Senin, 19 Agustus 2019 | 15:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera meminta Jokowi dan kabinetnya membuka ke publik bagaimana perencanaan pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan. Dia melihat pemerintah belum menunjukkan transparansi dan akuntabilitas.

"Para pakar dan masyarakat masih belum melihat urgensi pemindahan ibu kota, masih belum transparan yang jauh dari standar-standar good corporate governance dalam menyampaikan isu yang besar seperti ini," kata Mardani di kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Senin (19/8/2019).

Mardani mengusulkan agar kajian pemindahan ibu kota ini harus cermat dan terpadu. Seperti fungsi-fungsi kenegaraan dan pemerintahan yang dijalankan di ibu kota, infrastruktur, tata ruang, SDM dan dana dalam jangka panjang.

"Aspek dampak pertumbuhan ekonomi juga perlu dikaji. Tidak hanya memikirkan ibu kotanya yang pindah, tapi pastikan Jabodetabek dapat optimal menjadi pusat pertumbuhan ekonomi," ucapnya.

Politisi PKS itu juga menilai kurang tepat bila tujuan pemindahan ibu kota untuk pemerataan situasi ekonomi, sosial, dan politik saat ini. Menurutnya, pemerataan pembangunan seharusnya membuat pusat-pusat ekonomi dan industri di daerah-daerah, bukannya memindahkan ibu kota.



Sumber: Majalah Investor