Ketua DPR Minta TNI dan Polri Segera Pulihkan Keamanan di Papua

Ketua DPR Minta TNI dan Polri Segera Pulihkan Keamanan di Papua
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: Beritasatu TV)
Hotman Siregar / JAS Kamis, 29 Agustus 2019 | 15:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak Panglima TNI dan Kapolri untuk segera memulihkan situasi di Papua. DPR pun menyampaikan rasa keprihatinan jatuhnya korban di Papua, kemarin.

"Kita sudah mendorong dan mendesak kepada pihak keamanan, kemarin Pak Kapolri dan Panglima TNI sudah mengunjungi Papua dan kita mendesak untuk segera dilakukan pemulihan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya," ujar Bamsoet di kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Pimpinan dewan mendorong Komisi I DPR untuk melakukan kajian apakah nanti berbagai peristiwa di Papua dan gerakan-gerakan yang ada bisa dikategorikan sebagai gerakan separatis atau gerakan orang bersenjata.

Ia menyerahkan sepenuhnya pada kewenangan yang ada di DPR pada Komisi I untuk meminta penjelasan kepada pihak-pihak terkait dan kemudian merumuskan dalam bentuk langkah-langkah yang lebih konkret.

"Kita punya punya komando pasukan khusus untuk itu, yang baru saja diresmikan kemarin dan bisa segera dioperasikan," katanya.

Pimpinan DPR, kata dia, juga telah menerima beberapa tokoh Papua dan menyampaikan beberapa solusi penyelesaian masalah Papua.

"Saya mendengar juga Presiden akan bertemu dengan tokoh agama, tokoh adat dan para tokoh dari Papua dalam rangka melakukan pembahasan untuk menyelesaikan masalah Papua ini," tandasnya.



Sumber: Suara Pembaruan