Usulkan Calon Menteri ke Jokowi, ARJ Gelar Konvensi

Usulkan Calon Menteri ke Jokowi, ARJ Gelar Konvensi
Aliansi Relawan Jokowi Indonesia. ( Foto: Istimewa )
Anselmus Bata / AB Senin, 9 September 2019 | 21:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Aliansi Relawan Jokowi Indonesia (ARJ Indonesia) berencana menggelar Konvensi Visi Indonesia. Tujuannya memberikan usulan calon menteri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Konvensi digelar 27-29 September di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (9/9/2019), Koordinator ARJ Indonesia Budi Mulyawan mengatakan dalam konvensi, para calon menteri akan menyampaikan beberapa usulan program unggulan kepada presiden dan wakil presiden terpilih.

“Kami berharap konvensi dapat melahirkan dan merekomendasikan kandidat menteri, juga usulan program unggulan yang berguna bagi presiden terpilih untuk menentukan siapa-siapa pembantunya,” kata Budi.

Dikatakan, inisiatif tersebut muncul dari relawan yang berjuang memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019 kemarin. Kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin merupakan hasil kerja bahu-membahu antara kekuatan politik formal (partai koalisi) dan kekuatan informal (relawan). Konvensi digelar untuk mengisi "ruang kosong" yang tidak dilakukan partai koalisi dalam menyeleksi calon menteri. Hal ini merupakan wujud nyata peran aktif yang dipersembahkan relawan.

“ARJ Indonesia sangat memahami bahwa penentuan siapa-siapa yang dapat menjadi menteri kabinet sepenuhnya adalah kewenangan presiden. Berangkat dari situasi politik yang sangat kompleks dan terus-menerus dihangatkan oleh lawan politik serta rancana pindahnya ibu kota menyisakan 'segudang pekerjaan rumah' yang harus diselesaikan presiden terpilih," kata Ense Da Cunha Solapung, sekjen Relawan Bravo 5 Muda saat membacakan pernyataan relawan dalam konferensi pers.



Sumber: BeritaSatu.com