Megawati Minta Hutan Kalimantan Jangan Asal Dibabat

Megawati Minta Hutan Kalimantan Jangan Asal Dibabat
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto berfoto bersama ribuan kader dan pengurus PDIP Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat, 13 September 2019. ( Foto: Istimewa )
Asni Ovier / AO Jumat, 13 September 2019 | 21:06 WIB

Sintang, Beritasatu.com - Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan para kadernya di Kalimantan untuk menjaga lingkungan. Jangan sampai terlalu banyak hutan dibabat demi tanaman monokultur yang ujungnya bisa merusak keseimbangan ekosistem.

Pesan Megawati itu disampaikan oleh Sekretaris Jendaral DPP PDIP Hasto Kristiyanto ketika berbicara di hadapan ribuan kader pengurus partai dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDIP Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat (13/9/2019). Rakerda DPD PDIP Kalbar akan digelar hingga Sabtu (14/9/2019).

Menurut Hasto, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sungguh berpesan bahwa wilayah Kalimantan, khususnya Kalbar, dikaruniai oleh Tuhan dengan kekayaan alam yang luar biasa. Hutan-hutannya masih menghijau.

"Karena itu, Ibu Mega berpesan, jagalah lingkungan dengan baik. Kita dipimpin ketua umum perempuan selalu mengingatkan pentingnya keseimbangan alam raya dengan menjaga lingkungan kita, saudara-saudara sekalian," ujar Hasto.

Kata Hasto, ketika dirinya terbang ke Kalbar dari Jakarta, dirinya bisa melihat hutan-hutan memang botak bila dilihat dari atas.

"Sehingga, kita jangan sampai karena ambisi untuk mengejar keuntungan ekonomi, hutan-hutan dibabat lalu dibiarkan dan diganti dengan tanaman monokultur, tanaman yang sangat egois, yaitu kelapa sawit," lanjut Hasto.

"Kita bayangkan kalau semua diganti dengan tanaman kelapa sawit , kalau pohon-pohon di hutan dibabat, hilanglah keseimbangan ekosistem hilang. Hilanglah flora dan fauna itu," kata Hasto.

Diingatkannya, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri adalah juga Ketua Umum Yayasan Kebun Raya Indonesia. Megawati terus menginstruksikan para kepala daerah PDIP untuk membuat hutan lindung dan kebun raya. Megawati juga meminta dibuat pusat-pusat penelitian flora dan fauna.

"Kita akan menghadapi kerusakan lingkungan yang luar biasa dan memerlukan biaya yang begitu besar pemulihannya kalau kita tidak menjaga lingkungan ini," katanya.

Pada kesempatan itu, Hasto juga menyampaikan pesan Megawati lainnya agar para kader partai untuk terus berada di tengah-tengah rakyat. Sebab, sebagai partai soekarnois, kekuatan utama PDIP adalah rakyat itu sendiri.

"Beliau selalu mengingatkan tugas berpartai bagi kita adalah mengorganisasi seluruh kekuatan rakyat untuk bersama-sama menyatu dalam jalan keyakinan ideologi Pancasila bersama PDI Perjuangan," ujar Hasto.



Sumber: BeritaSatu.com