Anggota Legislatif Muda Diharapkan Mampu Angkat Citra DPR

Anggota Legislatif Muda Diharapkan Mampu Angkat Citra DPR
Para pembicara dalam diskusi bertema "Milenial Nasdem Goyang Senayan" yang digelar Partai Nasdem di Auditorium DPP Partai Nasdem, Jakarta, Selasa, 17 September 2019. ( Foto: Suara Pembaruan / Yeremia Sukoyo )
Yeremia Sukoyo / AO Selasa, 17 September 2019 | 21:56 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Nasdem telah berhasil meloloskan 59 calon anggota legislatif (caleg) di DPR pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Dari jumlah caleg yang lolos itu, sebanyak 10 orang di antaranya merupakan kaum milenial yang berusia antara 23 hingga 33 tahun.

Salah satu anggota DPR muda terpilih Partai Nasdem, Yessy Melanie mengatakan, saat ini citra lembaga legislatif masih cukup rendah di mata masyarakat. Karena itu, dengan terpilihnya banyak kaum muda milenial, diharapkan mereka dapat memulihkan citra DPR.

"Sekarang citra DPR kecil sekali di mata masyarakat. Tugas kami di parlemen untuk memberikan semangat, contoh bahwa dengan hadirnya kaum milenial bisa mengubah apa yang ada," kata Yessy Melanie dalam diskusi bertema "Milenial Nasdem Goyang Senayan" di Auditorium DPP Partai Nasdem, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, (17/9/2019) malam.

Caleg muda yang terpilih dari Dapil Kalimantan Barat II itu mengharapkan, politisi muda yang lolos ke DPR dapat terus menggugah semangat kaum muda untuk terjun ke dunia politik, termasuk dalam upaya mengubah paradigma yang ada terkait pandangan masyarakat terhadap DPR.

"Yang dihadirkan oleh politisi yang sudah ada kurang memberikan semangat kepada kaum muda untuk berpolitik. Itu adalah contoh yang harus kami pulihkan," kata Yessy.

Dirinya menuturkan, tujuan anggota legislatif hadir di parlemen hanya untuk masyarakat. Karena itu, dia berharap dalam bekerja nanti anggota legislatif muda harus terus fokus dan dapat mengesampingkan ego pribadi.

Anggota DPR muda terpilih lainnya, Rian Firmansyah menuturkan, sebagai anggota DPR dirinya akan memaksimalkan komunikasi politik di antara sesama anggota. Apalagi, di dalam parlemen sendiri akan ada banyak perbedaan kepentingan dan pandangan.

"Komunikasi politik harus dimaksimalkan, bagaimana kita bermusyawarah. Berbeda pandangan jelas dan itu sudah biasa. Tetapi, yang penting, bagaimana milenial menggalang komunikasi lintaspartai," kata Rian Firmansyah.

Di dalam Pileg 2019, sejumlah partai politik telah berhasil meloloskan caleg muda terpilih. Secara persentase, Partai Nasdem meloloskan caleg muda terbanyak, yakni sebanyak 17%, disusul PAN sebanyak 16%, Partai Gerindra 14%, PKB 14%, Partai Demokrat 13%, PDIP 12%, PArtai Golkar 11%, dan PPP 10%.

Diskusi "Milenial Nasdem Goyang Senayan" di Auditorium DPP Partai Nasdem merupakan rangkaian dari rencana kegiatan Kongres II Partai Nasdem II yang akan digelar pada 8 sampai 11 November 2019.



Sumber: Suara Pembaruan