Komisi XI DPR Akan Tetapkan Anggota BPK Terpilih 24 September

Komisi XI DPR Akan Tetapkan Anggota BPK Terpilih 24 September
DPD akan memberikan 15 nama yang dianggap layak menjadi calon anggota BPK kepada DPR.
/ WBP Jumat, 20 September 2019 | 15:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno mengatakan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terpilih rencananya ditetapkan pada Selasa (24/9/2019) setelah uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) selesai diadakan pada hari yang sama. Keputusan ini diambil pimpinan Komisi XI setelah mempertimbangkan keputusan rekomendasi dari DPD.

"Kemungkinan Selasa (24/9/2019) malam ada pemilihan," kata Hendrawan Supratikno saat dihubungi melalui pesan singkat di Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Politikus PDI Perjuangan itu menambahkan rencananya malam itu juga akan ditetapkan lima anggota BPK yang terpilih untuk periode 2019-2024.

Menurut dia, penetapan itu menunggu proses seleksi anggota BPK yang masih akan dilanjutkan untuk uji kepatutan dan kelayakan pada Senin (23/9/2019) hingga Selasa (24/9/2019).

Anggota Komisi XI dari Fraksi PAN Ahmad Najib Qodratullah, membenarkan keputusan Komisi XI, untuk mengundang 30 nama calon anggota BPK yang belum mengikuti fit and proper test. Artinya hal ini sejalan dengan UU BPK dan merespons rekomendasi DPD RI.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI merekomendasikan 15 dari 54 nama pendaftar untuk calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang diserahkan kepada pimpinan DPR RI.

Nama-nama yang direkomendasikan itu yakni Ahmad Muqowam, Harry Azhar Azis, Achsanul Qosasih, Shohibul Imam, Sahala Benny Pasaribu, Muhammad Syarkawi Rauf, dan Muhammad Yusuf Ateh.

Selain itu, Chandra Wijaya, Eddy Suratman, Tjatur Sapto Edy, Daniel Lumbang Tobing, Wilgo Zainar, Kukuh Prionggo, Ahmadi Noor Supit, dan Hendra Susanto.

DPD RI mengeluarkan rekomendasi nama-nama calon anggota BPK itu berdasarkan uji kepatutan dan kelayakan yang diselenggarakann terpisah dari uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi XI DPR.

Sesuai Undang-Undang BPK, wakil rakyat di Senayan itu harus menyelesaikan proses pemilihan anggota BPK baru paling lambat satu bulan sebelum masa jabatan anggota BPK lama berakhir.

Masa jabatan anggota BPK lama akan habis pada 16 Oktober 2019.



Sumber: ANTARA