Bamsoet Minta DPR 2019-2024 Kawal Pemindahan Ibu Kota

Bamsoet Minta DPR 2019-2024 Kawal Pemindahan Ibu Kota
Ketua DPR Bambang Soesatyo saat memimpin jalannya sidang akhir masa jabatan DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Markus Junianto Sihaloho / FMB Senin, 30 September 2019 | 16:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo menitipkan pesan agar Anggota DPR periode 2019-2024 terus mengawal proses pemindahan ibu kota seperti direncanakan oleh Pemerintah.

Dijelaskan Bamsoet, sapaan akrab Politikus Partai Golkar itu, Presiden telah mengirimkan surat ke DPR terkait hasil kajian dan permohonan dukungan pemindahan ibu kota. Pihaknya telah menindaklanjuti dengan pembentukan Pansus Pemindahan Ibu Kota Negara.

Pansus Kajian Pemindahan Ibu Kota Janji Selesaikan Tugas Akhir September

"Dalam sisa waktu yang relatif singkat, pansus telah melaksanakan berbagai kegiatan," kata Bamsoet, dalam pidato paripurna perpisahan DPR periode 2014-2019, di Jakarta, Senin (30/9/2019).

Kegiatan itu antara lain melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur dan rapat kerja dengan beberapa menteri secara simultan. Termasuk dengan Panglima TNI, Kepala Kepolisian Republik Indonesia, dan Gubernur DKI Jakarta.

Pansus memfokuskan pembahasan terhadap tiga hal, yaitu pendanaan dan infrastruktur, lokasi dan lingkungan, serta aparatur dan regulasi. Pansus juga telah menyampaikan rekomendasinya dalam rapat paripurna.

2020, Pemerintah Alokasikan Rp 2 T untuk Pemindahan Ibu Kota

"Seiring dengan terus berjalannya proses persiapan pemindahan ibu kota oleh pemerintah, maka DPR RI Periode 2019-2024 perlu terus mengawal proses pemindahan ibu kota ini," kata Bamsoet.

Ke depan, Bamsoet mengatakan pemerintah akan menyampaikan RUU tentang Ibu Kota Negara. Nantinya RUU itu akan disampaikan ke DPR yang baru dan dibahas bersama pemerintah.

Menpupera: Konsep Ibu Kota Baru A City in the Forest



Sumber: BeritaSatu.com