Puan Perempuan Pertama Jabat Ketua DPR, Mendagri: Ini Membanggakan

Puan Perempuan Pertama Jabat Ketua DPR, Mendagri: Ini Membanggakan
Ketua DPR periode 2019-2024 Puan Maharani (kanan) mengacungkan palu disaksikan Wakil Ketua M Aziz Syamsuddin (kiri) Rahmad Gobel (ketiga kiri), dan Muhaimin Iskandar (keempat kiri) usai pelantikan dalam Rapat Paripurna ke-2 Masa Persidangan I Tahun 2019-2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Carlos KY Paath / CAH Selasa, 1 Oktober 2019 | 22:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Puan Maharani telah dilantik sebagai ketua DPR periode 2019-2024. Puan tercatat perempuan pertama yang menjabat ketua DPR.

“Bagi saya yang membanggakan itu, Ibu Puan tercatat sebagai perempuan pertama yang menjabat ketua DPR selama 74 tahun NKRI,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kepada Beritasatu.com, Selasa (01/10/2019).

“Saya optimistis implementasi Pancasila akan tercermin dalam setiap pengambilan keputusan politik pembangunan di DPR,” ujar Tjahjo.

Sebagai Mendagri dan kader PDI Perjuangan, Tjahjo menyampaikan ucapan selamat dan bangga atas terpilihnya Puan Maharani, dan empat wakil ketua DPR lainnya.

“Saya yakin dengan pengalaman Ibu Puan selama ini baik sebagai Menko PMK (Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), anggota DPR dengan perolehan suara terbanyak dan pimpinan DPP PDI Perjuangan, akan membawa angin segar lembaga DPR,” ucap Tjahjo.

Tjahjo menambahkan, tiga fungsi DPR yakni politik anggaran, legislasi, dan pengawasan akan mampu diperankan oleh Puan dan para wakil ketua DPR. 



Sumber: Suara Pembaruan