Posisi Ketua MPR, Muzani Konsultasi ke Prabowo

Posisi Ketua MPR, Muzani Konsultasi ke Prabowo
Ahmad Muzani ( Foto: Istimewa )
Markus Junianto Sihaloho / YUD Kamis, 3 Oktober 2019 | 20:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Walau prosesnya cukup alot, namun Bambang Soesatyo nampaknya takkan terhadang untuk menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) periode 2019-2024. Sebab mayoritas fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) plus kelompok DPD mendukungnya. Kompetitornya, Ahmad Muzani, hanya didukung oleh partainya sendiri, yaitu Gerindra.

Proses dukungan delapan fraksi kepada Bamsoet, sapaan akrab Bambang, tidak serta merta. Awalnya, selain Golkar sendiri sebagai partainya, Bamsoet didukung oleh Partai Nasdem dan PPP. Belakangan, PDI Perjuangan dan PKB juga menyatakan dukungan.

Setelah berbagai proses konsultasi serta musyawarah, dukungan makin bertambah. Termasuk dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang sebelumnya dikenal sebagai rekan koalisi Partai Gerindra.

Perwakilan PKS di pimpinan MPR, Hidayat Nurwahid, mengatakan pihaknya sangat menghargai kemauan Pemerintah yang mendukung keberadaan 10 pimpinan MPR periode 2019-2024. Hal itu terwujud saat UU MD3 disahkan di akhir periode lalu, dan memastikan PKS pun mendapat jatah kursi pimpinan MPR.

"Maka PKS bisa menerima usulan untuk mendukung Pak Bambang Soesatyo sebagai calon ketua MPR," kata Hidayat, Kamis (3/10/2019).

Fraksi PAN juga tak berbeda jauh. Sekretaris Fraksi PAN MPR Saleh Partaonan Daulay menyebut pihaknya mengarahkan dukungan kepada Bamsoet. "Kalau PAN itu sejauh ini kelihatannya kecenderungannya itu ke Bambang Soesatyo," kata Saleh.

Menurut Ketua Fraksi Nasdem di MPR, Johnny G Plate, di akhir-akhir proses lobi, bahkan Fraksi Partai Demokrat juga sepakat bermufakat memberi dukungan kepada Bamsoet sebagai Ketua MPR. "Seluruh fraksi koalisi ditambah Demokrat, PKS, PAN solid mendukung Pak Bambang Soesatyo," kata Johnny.

Bagaimana dengan DPD RI? Sebuah foto berkop DPD beredar di kalangan wartawan di Parlemen. Isinya adalah pernyataan dukungan kepada Bamsoet sebagai ketua MPR, sekaligus Fadel Muhammad sebagai wakil DPD di pimpinan MPR. Surat itu diteken Intsiawati Ayus dan Abraham Liyanto sebagai ketua serta sekretaris pimpinan kelompok DPD.

"menyampaikan dukungan terhadap pimpinan MPR RI periode 20w9-2024 sebagai berikut. 1. H. Bambang Soesatyo.MBA asal Fraksi Golongan Karya di DPR RI sebagai Ketua MPR RI," demikian petikan isi surat itu.

Posisi Gerindra sendiri tetap mendorong Ahmad Muzani dan meminta dilakukan voting. Sementara mayoritas fraksi sebenarnya menginginkan musyawarah untuk mufakat.

Muzani sendiri dikabarkan sedang berkonsultasi kepada ketua umumnya, Prabowo Subianto. "Ya betul (Muzani ke Prabowo). Karena di Gerindra, keputusan tertinggi di dewan pembina," kata Politikus Gerindra Habiburokhman.



Sumber: BeritaSatu.com