Prabowo Subianto Dukung Pemindahan Ibu Kota

Prabowo Subianto Dukung Pemindahan Ibu Kota
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, keluar dari ruang garuda usai pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 11 Oktober 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao )
Carlos KY Paath / JAS Jumat, 11 Oktober 2019 | 19:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto mendukung pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur (Kaltim). Menurut Prabowo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyampaikan kajian terkait pemindahan tersebut.

“Kita bicara (pemindahan) ibu kota. Di mana saya sampaikan, saya mendukung gagasan ibu kota baru,” kata Prabowo kepada wartawan seusai bertemu Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Prabowo pun menyebut, “Beliau (Jokowi) juga katakan akan melalui kajian-kajian yang tepat dan sudah dilaksanakan banyak kajian. Kita akan mendukung gagasan itu.”

Sebelumnya, Jokowi yang berada di sebelah Prabowo mengatakan, salah satu topik pembicaaan saat pertemuan dengan Prabowo memang membicarakan pemindahan ibu kota.

“Berbicara masalah ibu kota baru. Kenapa pindah ke Kaltim (Kalimantan Timur). Alasannya ini, ini. Kami sampaikan semua kepada Bapak Prabowo,” ucap Jokowi.

Untuk diketahui, Jokowi secara resmi mengumumkan lokasi pemindahan ibu kota pada 26 Agustus 2019. “Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur,” ungkap Jokowi kala itu.



Sumber: Suara Pembaruan