Logo BeritaSatu

Nama-nama Menteri Beredar, Publik Diminta Tidak Berspekulasi

Minggu, 13 Oktober 2019 | 19:31 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / YUD

Jakarta, Beritasatu.com – Publik diminta untuk tidak berspekulasi terkait komposisi kabinet pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden (wapres) terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf). Publik diharapkan menunggu pengumuman kabinet secara langsung oleh Jokowi.

“Sebaiknya masyarakat tidak usah berspekulasi. Tunggu saja saatnya nanti,” tegas Staf Khusus Bidang Komunikasi, Adita Irawati melalui pesan singkat, Minggu (13/10/2019). Adita meminta agar spekulasi tersebut dihindari terkait informasi di media sosial mengenai nama-nama anggota kabinet mendatang.

Adita menyatakan, pengangkatan menteri merupakan hak prerogatif Presiden. “Penetapan menteri itu hak prerogatif Presiden. Daftar nama yang beredar saat ini tidak jelas juga sumbernya,” demikian Adita.

Adita menambahkan, Presiden Jokowi pernah menyampaikan bahwa pengumuman kabinet akan dilakukan setelah pelantikan. “Seperti yang pernah disampaikan Presiden, beliau mengatakan akan mengumumkan nama-nama menteri segera setelah pelantikan Presiden dan Wapres,” ucap Adita.

Nama-nama figur yang akan menempati 34 pos kementerian ditambah jaksa agung dan sekretaris kabinet beredar di Whatsapp. Dilihat Beritasatu.com, ada logo Pancasila di bagian atas, di sisi kirinya tertulis nomor, hal, dan sifat surat, sedangkan di sebelah kanan terlihat gambar Jokowi-Ma'ruf.

Sebanyak 12 lembar pesan itu ditujukan kepada ketua umum partai KIK dan ketua tim sukses Jokowi-Ma'ruf. “Berikut kami sampaikan opsi alternatif pengisi Kabinet Indonesia Kerja Jilid II/2019-2024,” demikian tertulis.

Setiap posisi menteri, terdapat dua sampai tiga nama tokoh. Latar belakang atau profil biodata para calon menteri pun ditulis dengan lengkap. Di bagian penutup surat tercantum tanda tangan dan nama orang yang disebut sebagai Staf Ahli Jokowi Bidang Komunikasi, Ahmad Nasrullah Al Fathir.

Adita menegaskan, Presiden Jokowi tidak mempunyai staf khusus bernama sebagaimana dimaksud. “Tidak ada (staf ahli atas nama Ahmad Nasrullah Al Fathir), makanya saya bilang sumbernya tidak jelas,” tegas Adita.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, Presiden akan mengumumkan jajaran menteri Kabinet Kerja jilid II, setelah dilantik pada 20 Oktober 2019. “Bisa (disampaikan) setelah itu (pelantikan). Bisa juga diumumkan di Istana, bisa juga diumumkan di luar Istana,” kata Moeldoko.

Sementara itu, Presiden Jokowi masih menolak berbicara terkait susunan kabinet. “Dilantik saja belum, nanti kalau sudah pelantikan, baru kita bicara soal kabinet,” tegas Presiden Jokowi usai menghadiri Puncak Perayaan Batik Nasional di Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (2/10/2019).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Yudo Margono Bakal Perhatikan Kesejahteraan Prajurit

Peningkatan kesejahteraan prajurit TNI menjadi salah satu hal yang diperhatikan Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022

Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Didominasi XBB dan BQ.1

Kasus positif Covid-19 selama satu minggu ini mengalami penurunan meski di 12 provinsi justru terjadi peningkatan.

NEWS | 2 Desember 2022

Lebih 200 WNI Pemetik Buah di Inggris Terkatung-katung dan Terbelit Utang

Lebih dari 200 WNI yang bekerja memetik buah di Inggris hidup terkatung-katung dan terbelit utang hingga ratusan juta rupiah.

NEWS | 2 Desember 2022

Suara Bulat, Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Komisi I DPR menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dengan suara bulat, tanpa lewat voting.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemberhentian dengan Hormat Jenderal Andika Perkasa Disetujui

Komisi I DPR menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Hasil Gelar Perkara Tambang Ilegal Tak Disampaikan, Ini Alasan Polri

Bareskrim Polri menyatakan tidak menyampaikan hasil gelar perkara kasus tambang ilegal untuk kepentingan investigasi selanjutnya.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Gempa Susulan di Cianjur Terjadi 373 Kali

Gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat hingga saat ini sudah terjadi sebanyak 373 kali hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) sore.

NEWS | 2 Desember 2022

Telkom Raih Penghargaan Indonesia's SDGs Action Awards 2022

Penghargaan ini diserahkan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa dan diterima langsung oleh Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berdiri di Meja Saat Jumpa Pers, Jarred Brooks Jadi Musuh Warga Filipina

Berdiri di Meja Saat Jumpa Pers, Jarred Brooks Jadi Musuh Warga Filipina

SPORT | 31 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE