Jelang Pengumuman Menteri, Tokoh-tokoh Ini Sambangi Istana

Jelang Pengumuman Menteri, Tokoh-tokoh Ini Sambangi Istana
Erick Thohir. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / AO Kamis, 17 Oktober 2019 | 20:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyatakan akan segera mengumumkan nama-nama menteri setelah dirinya resmi dilantik menjadi Presiden periode kedua, Minggu (20/10/2019). Menjelang pengumum kabinet itu, beberapa tokoh terlihat berada di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/10/2019), mulai dari menteri, pengusaha, termasuk ketua umum partai politik (parpol).

Pagi hari, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menghadap Presiden Jokowi. Budi melaporkan mengenai perkembangan pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung, Patimban, dan Labuan Bajo. Menurut Menhub, Presiden tidak membahas mengenai kabinet mendatang.

“Belum ada. Saya melaporkan beberapa kegiatan-kegiatan di pelabuhan. Itu saja,” ujar Budi setelah bertemu Presiden Jokowi.

Kemudian, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu tampak berada di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Meski begitu, tidak diketahui tujuan Adian, dipanggil oleh Presiden atau hanya dengan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko.

Siang harinya, mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma’ruf Amin, Erick Thohir juga muncul di Kompleks Istana Kepresidenan. Erick ternyata menemui Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Erick menyatakan, dirinya hanya membicarakan terkait batalnya acara syukuran inagurasi Jokowi-Ma'ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden (wapres) 2019-2024. Erick menegaskan, tak ada diskusi mengenai kabinet Jokowi-Ma'ruf.

Di sisi lain, Erick mengaku siap apabila dipercaya menjabat Kepala Kantor Staf Presiden maupun Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN). “Hal yang positif (dari KSP dan KEIN), yakni bagian dari advisor untuk merapikan sistem,” kata Erick di kantor Seskab.

Menjelang petang, dari informasi yang dihimpun, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri juga datang ke Istana melalui gerbang Wisma Negara. Pramono Anung menyambut kedatangan Megawati.

Untuk diketahui, sejak sepekan ini, Presiden Jokowi kedatangan banyak tamu. Pada Selasa (15/10), Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menghadap Presiden.

“Kalau saya bicara (komposisi kabinet), masak saya cerita ke kamu (media),” ujar Luhut.

Presiden Jokowi juga menerima pimpinan MPR dalam rangka membahas terkait pelantikan Presiden dan Wapres pada 20 Oktober 2019. Pada Rabu (16/10), Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menemui Presiden.

Airlangga juga tercatat sebagai Ketum Partai Golkar. Pada hari yang sama, Presiden menerima Ketum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.



Sumber: Suara Pembaruan