JK Sebut LDKPI Perkuat "Diplomasi Tangan di Atas"

JK Sebut LDKPI Perkuat
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Jumat, 18 Oktober 2019 | 21:12 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan pembentukan Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) atau Indonesian Agency for International Development (AID) merupakan salah satu perwujudan “diplomasi tangan di atas”.

"Pembentukan Indonesian AID ini sudah lama diperlukan, sebagai salah satu bentuk perwujudan 'diplomasi tangan di atas'," kata JK saat meresmikan pendirian lembaga tersebut di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jakarta, Jumat (18/10/2019).

JK mengatakan, Indonesia akan terus akan mendorong kerja sama yang lebih erat dengan negara sahabat dan mitra pembangunan, sehingga menguatkan postur Indonesia sebagai negara pemberi bantuan internasional.

"Ini akan meningkatkan diplomasi kita dengan bekerjasama dengan negara-negara yang membutuhkan seperti negara-negara berkembang di bawah kita, termasuk yang tertimpa bencana alam dan daerah konflik," ujar JK.

"Sekarang Menlu sudah bisa tegak kalau ada acara-acara 'anda butuh berapa'," imbuh JK.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani yang juga hadir dalam acara ini menyampaikan komitmen Kementerian Keuangan untuk terus bekerjasama erat dengan Kementerian Luar Negeri untuk mendukung diplomasi Indonesia melalui pembentukan Indonesian AID.

Pembentukan Indonesian AID telah menjadi komitmen pemerintah Indonesia dalam mendukung pembangunan dunia, terutama untuk mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial, di antaranya melalui pemberian hibah kepada pemerintah atau lembaga asing, yang saling memberikan manfaat.



Sumber: BeritaSatu TV