Terima Tamu Negara, Jokowi Batal Temui Relawan

Terima Tamu Negara, Jokowi Batal Temui Relawan
Ketua Panitia Syukuran Inagurasi Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Andi Gani Nena Wea, Minggu (20/10/2019) malam. ( Foto: Beritasatu Photo / Bayu Marhaenjati )
Bayu Marhaenjati / FER Minggu, 20 Oktober 2019 | 22:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo, tidak jadi menemui relawan yang sudah menunggu, di Taman Pandang Istana, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, malam ini. Sebab, Jokowi dan Ma'ruf Amin harus menerima tamu negara di Istana Merdeka.

"Pertama sudah confirm tadi protokol dan Paspampres sudah menyiapkan semuanya (terkait) kedatangan pak Jokowi. Tapi kami menyadari, saya sangat menyadari bahwa kesibukan beliau menerima tamu-tamu negara, itu patut kita hargai. Semua relawan tidak ada yang marah dan kecewa. Semuanya sangat mengerti situasinya," ujar Ketua Panitia Syukuran Inagurasi Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Andi Gani Nena Wea, Minggu (20/10/2019) malam.

Andi menegaskan, awalnya Presiden Jokowi berencana hadir di tengah-tengah relawan, namun karena banyak tamu negara yang datang sehingga tidak jadi menemui.

"Iya (mau) datang, sudah confirm datang. Tapi banyak kepala negara yang memajukan kepulangannya, karena itulah kita sangat memahami bahwa tidak mungkin kita menunggu sampai tengah malam, dan mengganggu juga kepentingan warga, karena itu saya berinisaitif semua membubarkan diri," ungkap Andi.

Andi menyampaikan, terima kasih kepada seluruh masyarakat dan jajaran panitia yang telah mengikuti parade merah-putih sejak Sabtu kemarin hingga hari ini. "Ada 587 organ relawan yang datang ke sini. Ribuan orang relawan yang datang," kata Andi Gani.

Sementara itu, Nasisi Idrawati, warga Bekasi, mengaku tidak kecewa Jokowi tidak jadi menemui relawan. Sebab, dirinya sudah sempat bersalaman dengan orang nomor satu di Indonesia itu, ketika menyambangi relawan, di Taman Pandang Istana, siang tadi.

"Biasa saja, karena saya tadi sudah sempat berjabat tangan dengan pak Jokowi dan mas Gibran. Saya salah satu orang yang beruntung bisa salaman. Tadi saya datang ke sini, jam 12.30 WIB, dari Bekasi," katanya.

Senada, Michael, warga Surabaya, juga mengaku tidak kecewa dan bisa memahami karena Jokowi sedang menerima tamu negara. "Biasa saja, tidak kecewa. Kan sedang menerima tamu negara, kita bisa pahami," tandasnya.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, massa relawan berangsur membubarkan diri dengan tertib setelah mengetahui Jokowi batal naik ke atas panggung menemui meraka, di depan Taman Pandang Istana.

Sebelumnya, anggota Paspampres sudah sempat membuat barikade untuk membuka jalan agar Jokowi dapat naik ke panggung. Namun, akhirnya Jokowi tidak jadi hadir.

Sejumlah aparat kepolisian, masih melakukan pengamanan di sekitar Taman Pandang Istana, hingga malam ini. Jalan Medan Merdeka pun masih ditutup. Situasi terpantau aman dan kondusif.



Sumber: BeritaSatu.com