Kabinet Kemungkinan Diumumkan Rabu

Kabinet Kemungkinan Diumumkan Rabu
Presiden RI Joko Widodo menjawab pertanyaan wartawan sekembalinya dari gedung DPR tiba di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao )
Novy Lumanauw / AB Senin, 21 Oktober 2019 | 08:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) kemungkinan baru akan diumumkan Rabu (23/10/2019) setelah Wapres Mar'uf Amin kembali dari Jepang menghadiri pelantikan Kaisar Jepang.

Hari ini para calon menteri akan dipanggil ke Istana Negara.

Selain menunggu kepulangan Wapres Mar'uf Amin dari Jepang, nama para menteri Kabinet Kerja II juga masih digodok. Para pemimpin parpol masih bernegosiasi dengan Presiden Jokowi untuk mengegolkan nama-nama calon dari partainya. Upaya merangkul Partai Gerindra ke dalam kabinet menambah rumit pemilihan dan penempatan calon pada pos yang tepat.

"Ya, hari ini, presiden memanggil para calon menteri ke Istana," ujar sumber Beritasatu.com, Senin (21/10/2019).

Ia tidak bersedia menyebutkan jadwal pengumuman kabinet. Namun, ia memberikan isyarat bahwa pengumuman anggota Kabinet Kerja II dilakukan bersama Wapres Mar'uf Amin.

Presiden Jokowi pekan lalu mengisyaratkan pengumuman kabinet pada Senin (21/10/2019) pagi. Jumlah kursi menteri 34, sesuai undang-undang. Namun, ada nomenklatur baru kementerian. Meski tidak dijelaskan, informasi yang beredar selama ini menyebutkan, bidang perdagangan luar negeri akan dialihkan ke Kementerian Luar Negeri. Kementerian Perdagangan akan dibubarkan dan bidang tugas perdagangan dalam Negeri disatukan dengan Kementerian Perindustrian.

Posisi kementerian yang dilikuidasi akan digantikan oleh Kementerian Investasi, serta akan ada satu kementerian baru, yakni Kementerian Digital dan Ekraf. Untuk mengakomodasi nama calon yang disodorkan parpol, akan ada sejumlah jabatan wakil menteri atau menteri muda. 



Sumber: Investor Daily