Kemeja Putih Dibawa Masuk Istana, Susunan Kabinet Diumumkan Hari Ini?

Kemeja Putih Dibawa Masuk Istana, Susunan Kabinet Diumumkan Hari Ini?
Joko Widodo dan Ma'ruf Amin usai Shalat Ashar bersama di Masjid Baitrurrahim, Komplek Istana Kepresidenan Jakarta pada Minggu (30/6/2019). ( Foto: Antara Foto / Bayu Prasetyo )
Carlos KY Paath / CAH Senin, 21 Oktober 2019 | 09:13 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Teka-teki mengenai pengumuman Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin sedikit menemui titik terang. Kemungkinan besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan susunan kabinet di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada hari ini Senin (21/10/2019).

Sinyal itu terlihat ketika sejumlah orang membawa kemeja putih yang masih terbungkus plastik, masuk ke dalam Istana.

Meski begitu, tidak ada keterangan dari petugas tersebut. Kemeja putih berlengan panjang memang identik dengan pakaian yang kerap digunakan Jokowi. Pada 27 Oktober 2014, para menteri yang dikenalkan Jokowi juga memakai kemeja putih.

Seusai dilantik bersama Wakil Presiden (wapres) Ma'ruf Amin, Minggu (20/10/2019), Jokowi menegaskan, pemerintahan yang dipimpinnya siap bekerja.

"Ya alhamdulillah pelantikan bisa berjalan dengan baik. Pelantikan yang agung, yang khidmat, yang berlangsung dengan kesederhanaan, dan saya menghargai sekali apa yang telah disiapkan oleh DPR RI dan mulai kita kerja. Sekarang kita mulai kerja," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan, pengumuman kabinet dilakukan Senin (21/10/2019) pagi. "Besok (hari ini) pagi akan saya kenalkan. Iya sama Abah (Ma'ruf Amin). Soal pelantikan resminya setelah dikenalkan. Jadinya kapan, ditunggu," ucap Jokowi.

Untuk diketahui, berdasarkan Undang-Undang Nomor 39/2008 tentang Kementerian Negara, Pasal 16 mengatur bahwa pembentukan Kementerian paling lama 14 hari kerja sejak Presiden mengucapkan sumpah/janji.

Apakah Jokowi benar akan mengumumkan kabinetnya pagi ini dan kemeja putih yang dibawa untuk anggota kabinet baru? 

 



Sumber: Suara Pembaruan