Yasonna Kembali Jabat Menkumham Gantikan Tjahjo

Yasonna Kembali Jabat Menkumham Gantikan Tjahjo
Serah terima jabatan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dari Tjahjo Kumolo (kiri) ke Yasonna H Laoly, Rabu 23 Oktober 2019. ( Foto: dok )
Fana Suparman / YUD Rabu, 23 Oktober 2019 | 16:13 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Yasonna Hamonangan Laoly kembali ditunjuk Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi manusia (Menkumham). Yasonna sebelumnya mengundurkan diri pada 27 September 2019 lantaran terpilih sebagai anggota DPR dari pemilihan Sumatera Utara I. Posisi Yasonna kemudian digantikan sementara oleh Mendagri Tjahjo Kumolo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menkumham terhitung sejak 1 Oktober 2019.

Serah terima jabatan (sertijab) antara Tjahjo dan Yasonna pun digelar di Gedung Kemkumham, Rabu (23/10/2019). Dengan demikian, saat sertijab yang ditandai penyerahan kuasa dan penandatanganan dokumen ini, Tjahjo yang kini dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) hanya 23 hari menjabat sebagai Plt Menkumham.
Tjahjo mengucapkan selamat kepada Yasonna yang merupakan koleganya di PDIP untuk menjalankan tugasnya kembali sebagai Menkumham.

"Berikutnya saya sampaikan selamat bertugas kepada Prof Laoly dan Ibu (istri Yasonna) yang emban amanah dari Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin untuk memimpin (Menkumham) lima tahun mendatang," kata Tjahjo di Gedung Kemkumham, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Dalam sambutan singkatnya, Yasonna berterima kasih kepada Tjahjo yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai Plt Menkumham meski waktunya cukup singkat.

"Saya sampaikan terima kasih kepada Pak Tjahjo yang pimpin kementerian ini 23 hari. Saya tanya beliau kalau ada apa-apa WA saya tidak apa-apa. Tapi beliau berjalan dengan baik," ujar Tjahjo.

Usai menyerahkan jabatan kembali ke Yasonna, Tjahjo juga akan bertugas di tempat baru sebagai Menpan RB.



Sumber: Suara Pembaruan