Pimpin Rapat Kabinet Paripurna Perdana, Jokowi Tekankan Kerja Tim

Pimpin Rapat Kabinet Paripurna Perdana, Jokowi Tekankan Kerja Tim
Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana beserta anak-anak menjawab pertanyaan wartawan saat keluar dari pintu samping Istana Merdeka, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao )
Novy Lumanauw / AMA Kamis, 24 Oktober 2019 | 10:56 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju memperkuat soliditas antarsesama Kementerian/Lembaga (K/L) dalam menjalankan visi-misi Presiden dan Wakil Presiden.

“Kerja kita adalah kerja tim, bukan kerja menteri per menteri. Bukan pula kerja sektoral,” kata Presiden Jokowi saat memimpin rapat paripurna perdana Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Rapat yang mengagendakan arahan presiden serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020, dihadiri Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Jokowi mengatakan, untuk membangun Indonesia yang diperlukan adalah kerja tim, bukan kerja individu atau pun sektoral. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia diperlukan koordinasi yang kuat antar K/L.

“ Ini membangun sebuah negara besar, tidak mungkin menteri berjalan sendiri-sendiri. Harus kerja tim,” katanya.

Menurut Presiden Jokowi, pengalaman masa lalu, ada menteri Kabinet Kerja yang tidak mau berkoordinasi dengan menteri koordinator. Bahkan, ada menteri yang tidak mau hadir saat diundang menteri koordinator untuk menghadiri rapat koodinasi.

“Yang dikoordinasi oleh para menteri koordinator harus kompak. Jangan sampai ada menteri yang diundang menteri koordinator tidak mau hadir. Ada yang seperti ini. Saya juga baru mendengar. Bagaimana kita bisa berkonsoloidasi dan berkoordinasi, kalau diundang rapat oleh menteri koordinator tidak pernah hadir. Hal seperti ini yang harus saya garisbawahi. Sekali lagi, kerja tim,” kata Presiden Jokowi.



Sumber: Majalah Investor