Keberadaan Wakil Menteri Dinilai Positif

Keberadaan Wakil Menteri Dinilai Positif
Sejumlah Wakil Menteri mengucapkan sumpah jabatan dalam pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat 25 Oktober 2019. ( Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao )
Carlos KY Paath / MPA Jumat, 25 Oktober 2019 | 17:45 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Keberadaan wakil menteri (wamen) dinilai tepat. Sejumlah wamen yang diangkat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memudahkan kerja dari para menteri.

“Keberadaan wamen ini memudahkan menteri. Fungsi politik birokrasi itu kan seremonial yang menegaskan pada masyarakat bahwa yang dikerjakan oleh pemerintah itu adalah hal yang positif dan itu perlu dilakukan,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar.

Hal itu disampaikan Siti di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). “Menterinya jadi bisa berbagi dengan wamen. Terus dalam pengambilan keputusan, makin banyak pemikiran kan makin bagus hasilnya,” ujar Siti.

Dari sisi birokrasi, Siti menyatakan, menteri yang mempunyai wamen semakin mudah mengawasi birokrasi. “Terus dalam birokrasi, makin ada wamen ya makin terbantu menterinya untuk mengawasi birokrasi ke bawah,” ucap Siti.

Mantan sekretaris jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tersebut pun menyebut, “Kemudian fungsi populis yaitu fungsi di mana menangani persoalan itu adalah hal-hal yang merupakan masalah atau subjek di ruang publik yang sangat menonjol. Kalau wamennya gaul dan keren itu kan tambah mudah menterinya.”

Terakhir, Siti menekankan mengenai fungsi krisis. “Dalam menangani hal-hal bersifat krisis, kalau ada temannya kan lebih bagus, apalagi Pak Alue Dohong (wamen LHK), saya kenal cukup baik. Beliau adalah deputi di BRG (Badan Restorasi Gambut),” imbuh Siti.

Menurut Siti, latar belakang Alue dari Suku Dayak juga sangat penting. “Beliau (Alue) mengatakan bersyukur, karena dari Suku Dayak. Menurut saya memang penting ada, itu memudahkan kita, karena urusan kita itu urusin hutan adat kan juga lagi banyak. Jadi pada dasarnya keberadaan wamen saya menilai sangat baik,” tegas Siti.

Hal senada disampaikan Wamen Perdagangan (wamendag) Jerry Sambuaga. “Salah satu fungsi wamen ini kan untuk membantu tugas-tugas menteri dan tentunya dengan jobdesk sedemikian luas dan komplek, maka diperlukan jabatan yang bisa mendukung secara teknis, administratif, fungsional, dan struktural,” kata Jerry.

Jerry optimistis 12 wamen yang diangkat oleh Presiden Jokowi dapat saling melengkapi dengan kementerian masing-masing. “Saya pikir posisi wamen ini bisa saling melengkapi dan juga berkoordinasi dengan para dirjen (direktur jenderal), sekjen (sekretaris jenderal) di kementerian,” ucap Jerry.

Jerry menyebut, “Sesuai amanat Bapak Presiden, kita ingin menjadikan bangsa Indonesia bangsa yang besar dalam rangka menciptakan neraca perdagangan yang baik dan juga volume perdagangan yang signifikan.”



Sumber: Suara Pembaruan