Kongres Nasdem

70% DPD Masih Inginkan Surya Paloh Pimpin Nasdem

70% DPD Masih Inginkan Surya Paloh Pimpin Nasdem
Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh dalam safari politik di Lapangan Desa Kedungdalem, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu, 6 April 2019. ( Foto: Istimewa )
Yeremia Sukoyo / AMA Rabu, 6 November 2019 | 16:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Nasdem akan menggelar Kongres II sekaligus memperingati hari ulang tahun ke-8 partai tersebut di Jakarta pada 8-11 November 2019. Dalam kongres ini, selain akan memilih Ketua Umum, juga akan membahas konsolidasi dan transformasi kepengurusan dan kebijakan strategis kepengurusan partai.

Terkait ketua umum, Surya Paloh berpeluang besar terpilih kembali memimpin partai tersebut. Sebab lebih dari 70% pengurus daerah masih menghendaki Surya Paloh memimpin partai itu.

"Kongres II merupakan satu event politik Nasdem yang sangat strategis. Kongres dengan materi dasar menginginkan Nasdem menjadi partai yang modern demi kemajuan demokrasi di Indonesia," kata Ketua Steering Committee (SC) Kongres II Partai Nasdem, Johnny G Plate, Rabu (6/11/2019) di Auditorium DPP Partai Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Dijelaskan, posisi Nasdem nantinya akan didorong menjadi partai modern, sumber rekrutmen yang akan menyediakan politisi-politisi nasional, dan menjadi pengkaderan politik nasional. Beberapa rancangan keputusan di antaranya juga adalah pemilihan dan penetapan ketua umum Nasdem periode 2019-2024 sebagaimana amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Nasdem.

Sementara Wakil Ketua SC Kongres II Partai Nasdem, Zulfan Lindan mengakui, sampai dengan saat ini memang baru muncul nama ketua umum Partai Nasdem, Surya Paloh. Namun demikian, Partai Nasdem sendiri tidak menutup kemungkinan munculnya calon ketua umum baru.

"Sampai sekarang ini, nama calon ketua umum yang muncul memang baru Surya Paloh. Tetapi, kami membuka pintu jika masih ada yang ingin maju," kata Zulfan.

Menjelang Kongres II Partai Nasdem, dikatakan Zulfan, sekitar 70% Dewan Perwakilan Daerah (DPD) masih percaya terhadap Surya Paloh. Pihak DPP pun nantinya akan membuka pintu kritik seluas-luasnya kepada DPD se-Indonesia.



Sumber: Suara Pembaruan