Surya Paloh: Komunikasi Politik Nasdem Cukup Cair

Surya Paloh: Komunikasi Politik Nasdem Cukup Cair
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan saat pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Kongres II Partai NasDem yang digelar 8-11 November itu mengusung tema Restorasi Untuk Indonesia Maju. ( Foto: ANTARA FOTO / Hafidz Mubarak A )
Yeremia Sukoyo / JAS Jumat, 8 November 2019 | 22:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Nasdem akan terus komitmen mengawal jalannya pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) hingga akhir masa jabatannya. Kendati demikian, Partai Nasdem sendiri menyadari untuk membangun sebuah bangsa yang besar tidak boleh melihat perbedaan, baik itu suku, agama, maupun latar belakang politik.

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, menegaskan, saat ini Partai Nasdem akan terus menjalankan komunikasi politik yang cair dengan siapapun. Baik itu dari dengan Parpol yang tergabung dalam koalisi pemerintahan maupun yang berada di luar pemerintahan.

"Komunikasi politik yang dijalankan oleh Nasdem begitu cair, baik partai yang ada di dalam pemerintah atau di luar pemerintahan. Nasdem amat bisa memahami tekad dan semangat kita sebagai institusi parpol," kata Surya Paloh dalam pembukaan Kongres ke-II Partai Nasdem di JI EXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019).

Baca juga: Surya Paloh Tegaskan Dukungan Nasdem untuk Jokowi Tak Cuma di Bibir

Dikatakan Surya, saat ini institusi parpol membawa peranan yang begitu strategis dalam kehidupan sistem demokrasi di Indonesia. Termasuk yang penting adalah misi utama untuk melakukan proses pendidikan politik berkelanjutan.

"Itulah kewajiban bagi parpol untuk mengedepankan nasional interest, kepentingan bangsa di atas kepentingan partai ini sendiri. Tidak ada rasanya kita dengan rasa gegap gempita kalau hanya memikirkan institusi parpol itu sendiri. Nasdem bukan tipe parpol seperti itu," ungkap Surya.

Baca juga: Surya Paloh: Nasdem Tidak Hanya Mementingkan Koalisi

Seperti diketahui, belakangan ini Partai Nasdem dianggap melakukan manuver politik dengan melakukan pertemuan dengan petinggi PKS. Bahkan dalam waktu dekat rencananya, Partai Nasdem juga akan menyambangi PAN dan Demokrat.

Namun demikian, dari berbagai anggapan dan spekulasi yang beredar, termasuk rencana koalisi dengan partai yang berseberangan dengan pemerintah ditepis Surya Paloh. Di hadapan tidak kurang 8.000 kader pengurus DPD dan DPW, Surya pun kembali menyatakan komitmennya mendukung pemerintah Jokowi.



Sumber: Suara Pembaruan