Di Hadapan Kader Nasdem, RK: Indonesia Bisa Jadi Negara Besar

Di Hadapan Kader Nasdem, RK: Indonesia Bisa Jadi Negara Besar
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: ANTARA)
Yeremia Sukoyo / RSAT Minggu, 10 November 2019 | 15:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dipercaya menjadi salah satu pembicara dalam workshop Kongres II Partai Nasdem yang bertemakan Restorasi untuk Indonesia Maju di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (10/11/2019).

Workshop Kongres II Partai Nasdem sendiri diikuti sekitar 1.800 anggota DPRD tingkat provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Ketua Fraksi NasDem DPR Ahmad Ali yang membuka workshop menekankan pentingnya setiap anggota DPRD untuk menjalankan fungsi kedewanan pada berbagai tingkatan, baik tingkat kabupaten/kota maupun tingkat provinsi.

"Kualitas kita sebagai kader Partai Nasdem harus kita tunjukkan dalam program aksi dalam menjalankan tugas kedewanan," kata Ahmad Ali di JIEXPO Kemayoran Jakarta.

Dalam kesempatan itu dirinya pun mengajak setiap peserta memanfaatkan workshop sebagai sarana untuk berbagi pengalaman. Terutama, kemampuan dalam mendorong program inklusif yang menjadi program pemerintah daerah.

"Ini penting, dalam tugas kedewanan kita mendukung pembangunan dari setiap daerah, agar mampu menopang target pembangunan nasional," ujarnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menjadi pembicara dalam workshop tersebut juga menekankan pentingnya peran pemerintah daerah (pemda) sebagai komponen pembangunan di tingkat bawah.

RK panggilan akrab Ridwan Kamil juga menekankan, saat ini daya dukung legislatif di tingkat daerah memiliki urgensi bagi Indonesia yang tengah menghadapi tantangan perubahan dunia.

"Untuk memahami urgensi itu, saya mengajak bahwa kita harus kembali sebagai orang yang memiliki tujuan. Orang yang tidak punya tujuan hidup, itu seperti layang-layang putus. Kemuliaan kita ada pada kemanfaatan kita," ucap RK.

Dirinya pun menekankan bahwa kebermanfaatan setiap anggota dewan dapat bersifat langsung kepada masyarakat, maupun digulirkan melalui fungsi yang dijalankan. "Buat apa menjadi anggota dewan kalau besok lusa tidak ada perubahan dalam memberikan manfaat buat masyarakat," tegasnya.

RK menekankan bahwa Indonesia memiliki visi besar untuk menjadi negara besar. Hal itu juga didukung oleh berbagai riset dengan pendekatan ilmiah, bahwa pada usia kemerdekaan 100 tahun, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi negara adidaya.

Dirinya juga mengutip beberapa survei bahwa untuk menyongsong visi tersebut, diperlukan tiga syarat, yaitu pertumbuhan ekonomi di kisaran 5%,  adanya generasi milenial yang kompetitif,  dan demokrasi yang damai dan kondusif.

Ridwan Kamil mengatakan bahwa setiap kepala daerah juga harus mampu mengembangkan sumber dana pembangunan. Ini juga harus dipahami oleh setiap anggota legislatifnya.

Di hadapan ribuan kader Nasdem, RK menyatakan siap untuk terus memberikan berbagai pengetahuan lebih lanjut atas pengalaman yang telah dilakukan di pemerintahan Kota Bandung, maupun saat ini di Provinsi Jawa Barat kepada setiap kader Nasdem. 



Sumber: Suara Pembaruan