Surya Paloh Tepis Dukung Anies atau Ridwan Kamil di Pemilu 2024

Surya Paloh Tepis Dukung Anies atau Ridwan Kamil di Pemilu 2024
Surya Paloh. ( Foto: Antara )
Yeremia Sukoyo / CAH Senin, 11 November 2019 | 21:16 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem, Surya Paloh di hadapan para Ketua Umum parpol menegaskan, partainya akan menggelar konvensi untuk menjaring calon presiden di Pemilu 2024. Keinginan tersebut disampaikan Surya dalam puncak perayaan HUT Partai Nasdem di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019) malam.

"Kita akan lakukan dua tahun sebelum 2024 melalui proses konvensi capres. Ini harapan kita," kata Surya Paloh di hadapan kader dan Ketua Umum Parpol yang hadir.

Dalam kesempatan itu, Surya juga menepis anggapan bahwa partainya sudah mendukung calon presiden untuk Pemilu 2024. Termasuk, adanya spekulasi yang menyebutkan Nasdem mendukung majunya Gubernur DKI Anies Baswedan.

"Kalau ini berpihak pada Bung Anies, ah salah itu. Berpihak pada Ridwan Kamil, salah juga itu. Khofifah, belum tentu. Jadi siapa? Kita cari bersama," ucap Surya disambut tepuk tangan hadirin.

Surya mengakui, di dalam menerima mandat sebagai Ketua Umum, saat Kongres dirinya juga sekaligus didorong agar maju di Pemilu 2024. Namun demikian Surya menyadari betapa berat untuk menerima mandat tersebut.

"Kongres memintakan agar saya bersedia menjadi capres 2024. Ini yang paling terberat, bapak presiden. Mandat sebagai Ketum terpilih, bisa saya lakukan. Tapi memberikan harapan bisa jadi capres, saya nyatakan membalikan jarum jam kembali. Saya terima hormat, kalau tawaran ini berlaku 20 tahun lalu saya siap," ujarnya.

Karena itulah, akhirnya dalam Kongres pun sepakat agar Nasdem dapat menggelar konvensi untuk mencari putra atau putri terbaik bangsa untuk meneruskan apa yang sudah dilakukan Jokowi.

"Saya beriktiar, di hadapan tokoh bangsa, partai ini harus berani membuka potensi anak negeri untuk pantas memimpin negeri ini," ucap Surya.

Partai Nasdem menggelar puncak perayaan HUT ke-8 di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019) malam. Perayaan HUT ke-8 Nasdem sekaligus menandai penutupan Kongres ke-II yang digelar pada 8-11 November 2019.

Dalam perayaan HUT Nasdem nampak hadir Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, serta sejumlah tokoh politik dan Ketua Umum (Ketum) Partai. Dari antara Ketum partai yang hadir, nampak Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PSI Grace Natalie, Sekjen PBB Afriansyah Ferry Noor, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Hidayat Nur Wahid, Ketua DPR Puan Maharani, dan lain-lain.

Presiden Jokowi bersama Ketum Nasdem Surya Paloh nampak memasuki ruangan secara bersamaan. Disusul dibelakangnya mengiringi Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani. Sedangkan ketum parpol lainnya sudah nampak memasuki ruangan sebelum kehadiran Jokowi. 

 



Sumber: Suara Pembaruan