Hendrik Yance: Indonesia Perlu Kuatkan Nilai Kearifan Lokal
Logo BeritaSatu

Hendrik Yance: Indonesia Perlu Kuatkan Nilai Kearifan Lokal

Minggu, 17 November 2019 | 09:26 WIB
Oleh : YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia perlu menguatkan nilai kearifan lokal guna membangun persaudaraaan dan kerukunan. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum DPN Gerakan Rakyat Cinta Indonesia Hendrik Yance Udam (HYU). Dalam diskusi Forum Koordinasi dan Sinkroninasi Wawasan Kebangsaan, HYU mengatakan bahwa Indonesia memiliki keunikan-keunikan khusus dibanding negara lainya di dunia. Berlimpah sumber daya alamnya yang serta keberagaman budaya yang beragam dan berbeda-beda dari Sabang sampai Merauke serta memilki potensi untuk menjadi negara terbesar di dunia.

Menurut tokoh papua ini Indonesia sebagai negara besar dengan jumlah penduduknya sekitar dua ratus enampuluh sembilan juta jiwa dan merupakan negara berpenduduk keempat terbanyak di dunia, setelah negara Tiongkok, India, dan Amerika Serikat.

"Penguatan nilai-nilai kearifan lokal dalam membangun persaudaraan dan kerukunan antara sesama anak bangsa sangatlah penting dalam menjaga dan merawat keutuhan negara kesatuan republik Indonesia dari perpecahan serta melawan suburnya semangat radikalisme, intoleran, terorisme, serta semangat disintegrasi bangsa," kata HYU melalui keterangan, Minggu (17/11/2019).

"Kearifan lokal terdiri dari dua kata yaitu kearifan (wisdom) yang artinya kebijaksanaan dan lokal artinya daerah setempat. Jadi secara umum pengertian dari kearifan lokal adalah gagasan-gagasan, nilai-nilai atau pandangan dari suatu tempat yang memiliki sifat bijaksana dan bernilai baik yang diikuti dan dipercayai oleh masyarakat di suatu tempat tersebut dan sudah diikuti secara turun temurun," imbuhnya.

Sedangkan ciri-ciri kearifan lokal, HYU menjelaskan terdapat beberapa ciri-ciri yaitu, merupakan benteng untuk bertahan dari pengaruh budaya luar, mempunyai kemampuan mengakomodasi budaya luar, mempunyai kemampuan memberi arah perkembangan budaya serta mempunyai kemampuan mengintegrasi atau menyatukan.

Hendrik menambahkan bahwa kearifan lokal merupakan pengetahuan eksplisit yang muncul dari periode yang panjang dan berevolusi bersama dengan masyarakat dan lingkungan di daerahnya berdasarkan apa yang sudah dialami. Kearifan lokal di setiap daerah berbeda-beda tergantung lingkungan dan kebutuhan hidup.

"Untuk itu kearifan lokal suatu daerah dapat di pakai sebagai sebuah konsep untuk menjaga persatuan dan kesatuan anak bangsa yang ada di daerah tersebut. Oleh sebab itu peran serta masyarkat adat daerah tersebut lebih lagi di berdayakan dengan konsep Pancasila sebagai Ideolgi bangsa," sebut Hendrik.

"Pengaruh liberal di negara negara eropa timur sangat kuat sekali dan menghancurkan sendi- sendi kehidupan sosial ekonomi dan politik dan membuat negara-negara di Eropa pecah, tetapi saya dengan Pancasila, UU 1945 , Bhinneka Tunggal IKa dan NKRI adalah keempat konsesus kebangsaan yang merupakan roh dalam konsep berbangsa dan bernegara yang bisa dapat menyatukan kita, " pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Kuatnya Karakter PKS Dinilai Ditakuti Penguasa

Sampai-sampai Presiden pemegang kekuasaan tertinggi di negara cemas.

POLITIK | 17 November 2019

Hasil Rakornas PKS: Tegaskan Jadi Oposisi dan 60% Kemenangan Pilkada 2020

Rakornas 2019 menghasilkan enam keputusan strategis.

POLITIK | 17 November 2019

Meski Diundang Istana, PKS Tetap Oposisi

Belum ada ajakan dari Istana untuk bertemu.

POLITIK | 17 November 2019

Kosgoro 1957 Rayakan Syukuran HUT ke-62

Kosgoro 1957 rayakan syukuran HUT ke-62 dengan sederhana.

POLITIK | 16 November 2019

Airlangga Akan Prioritaskan Ketua DPD Golkar di Pilkada

Airlangga meminta seluruh jajaran pengurus Golkar di tingkat provinsi ataupun kabupaten/kota membantu dan mendo­rong kader masing-masing untuk memenangi pilkada

POLITIK | 16 November 2019

Syafi'i Maarif: Tidak Ada Larangan Ahok Jadi Pejabat BUMN

Menurut Mantan Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Ahmad Syafi'i Maarif, Ahok pas menduduki posisi pimpinan BUMN.

POLITIK | 16 November 2019

Gercin Apreasiasi Program Kebangsaan Kemko Polhukam

Gercin Indonesia mendukung setiap kegiatan-kegiatan seperti yang dilakukan oleh Kemko Polhukam dalam rangka memersatukan bangsa.

POLITIK | 16 November 2019

Pelayanan Adminduk Secara Digital Terus Dioptimalkan

Filosofinya, ADM merupakan tempat layanan masyarakat mencetak dokumen.

POLITIK | 16 November 2019

Komisi II Sepakat Evaluasi Pilkada Langsung

Berbagai kelompok fraksi di DPR sepakat mengkaji wacana evaluasi pilkada langsung, namun bukan berarti otomatis dipilih DPR/DPRD.

POLITIK | 15 November 2019

Wacana Evaluasi Pilkada Langsung Disambut Baik

Banyak persoalan dalam pelaksanaan Pilkada langsung selama ini sehingga perlu dievaluasi. Misalnya, mahar politik yang marak, dan politik uang yang masif.

POLITIK | 16 November 2019


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS